PERILAKU MASYARAKAT DALAM PEMANFAATAN ALIRAN SUNGAI (Studi Kasus Di Dusun 3 Desa Pondok Kelapa Kecamatan Pondok Kelapa Kabupaten Bengkulu Tengah)

KARLINA, MELLI and Tamrin, Bangsu and Alex, Abdu Chalik (2016) PERILAKU MASYARAKAT DALAM PEMANFAATAN ALIRAN SUNGAI (Studi Kasus Di Dusun 3 Desa Pondok Kelapa Kecamatan Pondok Kelapa Kabupaten Bengkulu Tengah). Undergraduated thesis, Universitas Bengkulu.

[img] Archive (Thesis)
skripsi pdf.pdf - Bibliography
Restricted to Repository staff only
Available under License Creative Commons GNU GPL (Software).

Download (2MB)

Abstract

Perilaku manusia merupakan hasil dari segala macam pengalaman serta interaksi manusia dengan lingkungannya dalam bentuk pengetahuan, sikap (covert behavior) dan tindakan (open behavior). Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui perilaku masyarakat dalam pemanfaatan aliran sungai. Jenis penelitian ini adalah penelitian deskriptif kualitatif yang melibatkan informan sebanyak 17 orang. Teknik pengumpulan data yang digunakan dalam penelitian ini adalah observasi, wawancara dan dokumentasi. Analisi data yang digunakan adalah deskriptif analisis. Hasil penelitian menunjukkan bahwa pemanfaatan sungai yang dilakukan oleh masyarakat yaitu kegiatan mandi, mencuci, kakus (MCK), tempat pembuangan sampah, memasak, menambang pasir dan juga sebagai transportasi air tempat bersandarnya perahu para nelayan. Dalam pemanfaatan sungai sebagian masyarakat memiliki sikap yang kurang peduli terhadap lingkungan,seperti membuang sisa makanan/sampah disungai, serta kegiatan penambangan pasir yang dilakukan secara terus menerus dilakukan. Rendahnya pendidikan dan buruknya pengetahuan dan sikap masyarakat, baik terhadap kesehatan diri dan lingkungan serta pengetahuan (covert behavior) mengenai pentingnya sungai menjadi salah satu penyebab, dan menjadi kebiasaan bagi sebagian masyarakat. Selain itu faktor ekonomi juga menjadi salah satu penyebab masyarakat masih terus memanfaatkan sungai meskipun sungai tersebut telah tercemar. Kata Kunci: Pemanfaatan Sungai, Perilaku Masyarakat, Ilmu Kesejahteraan Sosial

Item Type: Thesis (Undergraduated)
Subjects: J Political Science > JA Political science (General)
Divisions: Faculty of Social & Politics Science > Department of Social Welfare
Depositing User: 163 Sugiarti Sugiarti
Date Deposited: 13 Feb 2018 03:00
Last Modified: 13 Feb 2018 03:00
URI: http://repository.unib.ac.id/id/eprint/15931

Actions (login required)

View Item View Item