INTEGRASI SOSIAL TRANSMIGRAN DENGAN MASYARAKAT LOKAL (Study Desa Jayakarta Kecamatan Talang Empat Kabupaten Bengkulu Tengah)

APRIANSYAH, RIKI JUNI and Yunilisiah, Yunilisiah and Syuplahan, Gumay (2016) INTEGRASI SOSIAL TRANSMIGRAN DENGAN MASYARAKAT LOKAL (Study Desa Jayakarta Kecamatan Talang Empat Kabupaten Bengkulu Tengah). Undergraduated thesis, Universitas Bengkulu.

[img] Archive (Thesis)
Skripsi RIKI JUNI APRIANSYAH.pdf - Bibliography
Restricted to Repository staff only
Available under License Creative Commons GNU GPL (Software).

Download (1MB)

Abstract

Tujuan penelitian ini adalah untuk mendapatkan gambaran secara menyeluruh tentang integrasi sosial transmigran dengan masyarakat lokal di Desa Jayakarta Kecamatan Talang Empat Kabupaten Bengkulu Tengah. Penelitian ini menggunakan metode deskriptif kualitatif. Teknik pengumpulan data yang digunakan adalah observasi, wawancara mendalam dan studi dokumentasi. Informan terdiri dari informan pangkal yaitu Kepala Desa Jayakarta, dan informan kunci sebanyak 9 orang, yaitu masyarakat transmigran dengan masyarakat lokal. Hasil penelitian menunjukkan bahwa Integrasi sosial yang terjadi antara masyarakat transmigran dengan masyarakat lokal cukup harmonis saat terjadi kerjasama spontan (sakit, kematian, kecelakaan), kerjasama langsung (kelompok tani, siskamling), kerjasama kontrak (Simpan pinjam perempuan) dan kerjasama tradisional (pernikahan).Partisipasi masyarakat transmigran dan masyrakat lokal sangat tinggi, saat ada pemilihan pemimpin desa, kerjasama masyrakat transmigran dengan masyrakat lokal terpecah belah antara transmigran dengan lokal dalam menentukan pemimpin desa tetapi kesenjangan tersebut hanya terjadi saat pemilihan berlangsung dan tidak berlangsung lama. Kesimpulannya, penelitian ini menggambarkan bahwa 85 persen kerjasama masyrakat transmigran dengan lokal harmonis. Kata Kunci: Integrasi, Kerjasama, Hambatan

Item Type: Thesis (Undergraduated)
Subjects: J Political Science > JA Political science (General)
Divisions: Faculty of Social & Politics Science > Department of Social Welfare
Depositing User: 163 Sugiarti Sugiarti
Date Deposited: 13 Feb 2018 03:12
Last Modified: 13 Feb 2018 03:12
URI: http://repository.unib.ac.id/id/eprint/15933

Actions (login required)

View Item View Item