DAMPAK SOSIAL ALIH FUNGSI LAHAN SAWAH KEPERKEBUNAN KELAPA SAWIT (Studi Kasus di Desa Suka Negara Kecamatan Putri Hijau Kabupaten Bengkulu Utara)

WELWANTO, WELWANTO and Syuplahan, Gumay and Muria, Herlina (2016) DAMPAK SOSIAL ALIH FUNGSI LAHAN SAWAH KEPERKEBUNAN KELAPA SAWIT (Studi Kasus di Desa Suka Negara Kecamatan Putri Hijau Kabupaten Bengkulu Utara). Undergraduated thesis, Universitas Bengkulu.

[img] Archive (Thesis)
SKRIPSI LENGKAP NIAN.pdf - Bibliography
Restricted to Repository staff only
Available under License Creative Commons GNU GPL (Software).

Download (7MB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui Dampak Sosial Alih Fungsi Lahan Sawah Keperkebunan Kelapa Sawit Di Desa Suka Negara Kecamatan Putri Hijau Kabupaten Bengkulu Utara, adapun pendekatan penelitian yang digunakan adalah penelitian deskriptif kualitatif. Teknik pengumpulan data yang digunakan dengan observasi, wawancara, dokumentasi. Beras merupakan komoditas strategis dan bahkan politis karena tidak bisa tidak harus selalu tersedia dan tidak boleh kekurangan hal ini disebabkan komoditi beras sebagai bahan pangan utama bangsa Indonesia. Luas areal panen dan produktifitas tanaman merupakan faktor utama peningkatan produksi padi nasional. Beberapa tahun terakhir pertumbuhan luas areal menjadi masalah yang sangat serius seiring dengan laju pertumbuhan penduduk, karena lahan pertanian sawah telah dialih fungsikan ke non pertanian dan perkebunan terutama tanaman kelapa sawit. Sehingga pada daerah yang selama ini merupakan sentra produksi beras terus menurun, seiring dengan terjadinya alih fungsi lahan. Terjadinya alih fungsi lahan sawah ke tanaman kelapa sawit disebabkan oleh : pendapatan usaha tani lebih tinggi, resiko usaha tani lebih rendah, nilai jual/anggunan lebih tinggi, biaya produksi lebih rendah, ketersediaan air, teknologi budidaya dan dampak yang dihadapi produksi beras menurun, konversi lahan menurun dan produktifitas lahan menurun. Kata kunci : Alih fungsi, Lahan, Sawah, Kelapa Sawit.

Item Type: Thesis (Undergraduated)
Subjects: J Political Science > JA Political science (General)
Divisions: Faculty of Social & Politics Science > Department of Social Welfare
Depositing User: 163 Sugiarti Sugiarti
Date Deposited: 13 Feb 2018 03:27
Last Modified: 13 Feb 2018 03:27
URI: http://repository.unib.ac.id/id/eprint/15935

Actions (login required)

View Item View Item