PENYELESAIAN TINDAK PIDANA PERUSAKAN FASILITAS MILIK NEGARA DALAM AKSI DEMONSTRASI MAHASISWA DI KANTOR DEWAN PERWAKILAN RAKYAT DAERAH (DPRD)

Ahmad, Yoshef and Lidia, Br. Karo and Herlita, Eryke (2020) PENYELESAIAN TINDAK PIDANA PERUSAKAN FASILITAS MILIK NEGARA DALAM AKSI DEMONSTRASI MAHASISWA DI KANTOR DEWAN PERWAKILAN RAKYAT DAERAH (DPRD). Undergraduated thesis, Universitas Bengkulu.

[img] Text (Thesis)
SKRIPSI - Ahmad Yoshef.pdf - Bibliography
Restricted to Repository staff only
Available under License Creative Commons GNU GPL (Software).

Download (3MB)

Abstract

Demonstrasi atau unjuk rasa adalah sebuah cara yang dianggap efektif untuk menyampaikan aspirasi masyarakat sebagai warga negara yang memiliki identitas diri. demonstrasi yang dilakukan mahasiswa di kantor DPRD Provinsi Bengkulu yang berujung ricuh yang menyebabkan rusaknya fasilitas umum milik negara, massa yang melakukan unjuk rasa tersebut melakukan perusakan 1 (satu) unit mobil patroli dan menyebabkan 1 (satu) orang aparat kepolisian mengalami luka-luka. Tujuan penelitian untuk mendeskripsikan dan mengetahui penyelesaian tindak pidana perusakan fasilitas milik negara dalam aksi demonstrasi mahasiswa di kantor DPRD provinsi bengkulu dan untuk mengetahui faktor yang menghambat pihak kepolisian dalam menyelasaikan kasus demonstrasi mahasiswa yang dilakukan di kantor DPRD provinsi bengkulu, metode penelitian ini bersifat deskriptif dengan jenis penelitian empiris dan data penelitian bersumber dari data primer dan data sekunder yaitu melakukan wawancara terhadap pelaku dan penyidik kepolisian reskrim polres kota bengkulu. Hasil penelitian penyelesaian tindak pidana yang dilakukan oleh mahasiswa dalam aksi demonstrasi di depan kantor DPRD provinsi bengkulu melalui pengadilan adapun tahapannya meliputi; penangkapan, penyelidikan (wawancara pelaku), pasal yang dikenakan, diserahkan ke JPU, vonis putusan pengadilan. Faktor yang menjadi penghambat Kepolisian reskrim kota Bengkulu yaitu tidak adanya fasilitas CCVT pada tempat kejadian perkara,pelaku DPO,pelaku tidak korperatif dan pemahaman masyarakat yang masih menganggap bahwa demonstrasi yang dilakukan oleh mahasiswa merupakan perbuatan yang mulia karena mewakilkan aspirasi masyarakat walaupun berujung pada perbuatan anarkis. Kata Kunci: Demonstrasi, Mahasiswa, Kepolisian, Perusakan Fasilitas Umum.

Item Type: Thesis (Undergraduated)
Subjects: K Law > K Law (General)
Divisions: Faculty of Law > Department of Law Science
Depositing User: irma rohayu
Date Deposited: 15 Sep 2023 06:42
Last Modified: 15 Sep 2023 06:42
URI: http://repository.unib.ac.id/id/eprint/15938

Actions (login required)

View Item View Item