PENGARUH EKSTRAK IKAN GABUS (Channa striata Bloch.) TERHADAP PENYEMBUHAN LUKA BAKAR DERAJAT II PADA MENCIT UJI (Mus musculus L.)

LASMININGSIH, LASMININGSIH and Syalfinaf, Manaf and Choirul, Muslim (2017) PENGARUH EKSTRAK IKAN GABUS (Channa striata Bloch.) TERHADAP PENYEMBUHAN LUKA BAKAR DERAJAT II PADA MENCIT UJI (Mus musculus L.). Undergraduated thesis, Universitas Bengkulu.

[img] Archive (Thesis)
SKRIPSI LASMININGSIH.pdf - Bibliography
Restricted to Repository staff only
Available under License Creative Commons GNU GPL (Software).

Download (1MB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh pemberian eksrak ikan gabus (Channa striata Bloch.) terhadap penyembuhan luka bakar derajat II pada mencit uji (Mus musculus L.). Pembuatan ekstrak ikan gabus dipanaskan dengan suhu 65-75 o C. pengujian ekstrak ikan gabus terhadap luka bakar dilakukan terhadap mencit yang telah dilukai pada bagian punggungnya dengan alat penginduksi panas berupa lempengan logam berukuran 2x2 cm 2 dengan suhu ± 100 o C selama 5 detik. Pengujian efektifitas dibagi menjadi lima kelompok perlakuan, yaitu kontrol negatif (P0) dengan Betadine, kontrol positif (P1) dengan Bioplacenton, serta tiga kelompok dengan ekstrak ikan gabus dengan konsentrasi 25%, 50% dan 75%. Hasil penelitian menunjukkan bahwa pemberian ekstrak ikan gabus berpengaruh terhadap penyembuhan luka bakar derajat II pada mencit. Secara statistik, Konsentrasi 50 % ekstrak ikan gabus paling efektif untuk menyembuhkan luka bakar derajat II pada mencit dibandingkan dengan perlakuan lainnya. Diduga konsentrasi 50 % ekstrak ikan gabus dapat menginduksi pertumbuhan rambut karena mengandung asam amino antara lain sistein, metionin, arginin, sistin dan tirosin.

Item Type: Thesis (Undergraduated)
Subjects: Q Science > Q Science (General)
Divisions: Faculty of Math & Natural Science > Department of Biology Science
Depositing User: 164 Irma Rohayu
Date Deposited: 14 Feb 2018 02:59
Last Modified: 14 Feb 2018 02:59
URI: http://repository.unib.ac.id/id/eprint/15956

Actions (login required)

View Item View Item