PELAKSANAAN PEMBIAYAAN MUDHARABAH PADA BANK MUAMALAT MENURUT FATWA DEWAN SYARI’AH NASIONAL NO: 07/DSN-MUI/IV/2000 TENTANG PEMBIAYAAN MUDHARABAH DI KABUPATEN REJANG LEBONG

AWICKY, KURNIA WAHYUDHI and Sirman, Dahwal and Adi, Bastian Salam (2020) PELAKSANAAN PEMBIAYAAN MUDHARABAH PADA BANK MUAMALAT MENURUT FATWA DEWAN SYARI’AH NASIONAL NO: 07/DSN-MUI/IV/2000 TENTANG PEMBIAYAAN MUDHARABAH DI KABUPATEN REJANG LEBONG. Undergraduated thesis, Universitas Bengkulu.

[img] Text (tesis)
SKRIPSI PDF.pdf - Bibliography
Restricted to Repository staff only
Available under License Creative Commons GNU GPL (Software).

Download (1MB)

Abstract

Tujuan penelitian: (1). Untuk mengetahui dan menjelaskan bagaimana pelaksanaan pembiayaan Mudharabah pada Bank Muamalat menurut Fatwa Dewan Syari’ah Nasional No: 07/DSN-MUI/IV/2000 Tentang Pembiayaan Mudharabah Di Kabupaten Rejang Lebong. (2). Untuk mengetahui dan menjelaskan bentuk-bentuk pembiayaan Mudharabah pada Bank Rakyat Indonesia Syari’ah menurut Fatwa Dewan Syari’ah Nasional No: 07/DSN�MUI/IV/2000 Tentang Pembiayaan Mudharabah di Kabupaten Rejang Lebong. Metode penelitian hukum empiris ini menggunakan pendekatan non doktrinal. Hasil penelitian bahwa: (1). Pelaksanaan pembiayaan Mudharabah pada Bank Muamalat menurut Fatwa Dewan Syari’ah Nasional No: 07/DSN-MUI/IV/2000 Tentang Pembiayaan Mudharabah di Kabupaten Rejang Lebong, dilakukan sesuai dengan syari’ah Islam dalam pembiayaan ini LKS sebagai shahibul maal (pemilik dana) membiayai 100 % kebutuhan suatu proyek (usaha), sedangkan pengusaha (nasabah) bertindak sebagai mudharib atau pengelola usaha, dan jangka waktu usaha, tata cara pengembalian dana, dan pembagian keuntungan ditentukan berdasarkan kesepakatan kedua belah pihak (LKS dengan pengusaha). (2). Bentuk pembiayaan Mudharabah pada Bank Muamalat menurut Fatwa Dewan Syari’ah Nasional No: 07/DSN-MUI/IV/2000 Tentang Pembiayaan Mudharabah Di Kabupaten Rejang Lebong ada dua, pertama ada berupa uang dan kedua ada yang berupa barang. Kata kunci: - Pelaksanaan, - Pembiayaan Mudharabah, - Bank Muamalat, - Fatwa Dewan Syari’ah Nasional No: 07/DSN-MUI/IV/2000 Tentang Pembiayaan Mudharabah.

Item Type: Thesis (Undergraduated)
Subjects: K Law > K Law (General)
Divisions: Faculty of Law > Department of Law Science
Depositing User: irma rohayu
Date Deposited: 18 Sep 2023 03:24
Last Modified: 18 Sep 2023 03:24
URI: http://repository.unib.ac.id/id/eprint/15978

Actions (login required)

View Item View Item