PENGARUH MACAM MEDIA TANAM DAN DOSIS PUPUK NPK TERHADAP PERTUMBUHAN SEMAI KAYU BAMBANG LANANG (Madhuca aspera H. J. Lam)

Khoirunnisa, Khoirunnisa and Deselina, Deselina and Putranto, BAN (2022) PENGARUH MACAM MEDIA TANAM DAN DOSIS PUPUK NPK TERHADAP PERTUMBUHAN SEMAI KAYU BAMBANG LANANG (Madhuca aspera H. J. Lam). Undergraduated thesis, Universitas Bengkulu.

[img] Text (Thesis)
SKRIPSI KHOIRUNNISA_E1B017006..pdf - Bibliography
Restricted to Repository staff only
Available under License Creative Commons GNU GPL (Software).

Download (2MB)

Abstract

Bambang lanang (Madhuca aspera H.J. Lam) atau yang disebut dengan medang bambang merupakan famili dari sapotaceae dan merupakan salah satu jenis tanaman kehutanan yang sangat unggul di Sumatera Selatan, dimana bambang lanang ini mempunyai nilai ekologi dan ekonomis yang tinggi. Bambang lanang dapat tumbuh pada daerah dataran rendah sampai dataran tinggi yang berkisar antara 600-2000 mdpl dengan suhu tahunan 7-38ºC. Media tanam merupakan komponen utama pada saat menanam. Media tanam yang akan digunakan juga harus sesuai dengan tanaman yang akan ditanam. Salah satu cara menunjang kesuburan dari media tanam dengan cara pemberian pupuk. Pupuk anorganik yang mengandung unsur nitrogen dan sering digunakan diantaranya adalah NPK. Pupuk NPK merupakan salah satu jenis pupuk majemuk (pupuk yang mengandung dua atau lebih hara tanaman) yang paling umum digunakan. Tujuan penelitian adalah untuk mengetahui pengaruh macam media, dosis pupuk NPK dan interaksi antara macam media tanam dan dosis pupuk NPK terhadap pertumbuhan semai bambang lanang (Madhuca aspera H.J. Lam). Penelitian ini dilaksanakan pada bulan Juni sampai September 2021, bertempat di Persemaian Laboratorium Kehutanan, Fakultas Pertanian, Universitas Bengkulu. Adapun tahapan penelitian meliputi persiapan semai, persiapan media, pemindahan semai ke dalam polybag, pemeliharaan semai. Variabel yang diamati yaitu pertambahan tinggi tanaman, pertambahan diameter, luas daun, kandungan klorofil, berat basah bagian atas dan bawah semai, berat kering bagian atas dan bawah semai, serta indeks mutu semai. Berdasarkan hasil penelitian diketahui pengaruh macam media tanam berpengaruh nyata terhadap pertambahan tinggi tanaman, berat basah dan berat kering akar dengan media tanam terbaik terdapat pada perlakuan 100% tanah humus. Sedangkan pengaruh dosis pupuk NPK diketahui berpengaruh nyata terhadap semua variabel pengamatan dengan dosis terbaik terdapat pada dosis 5 gram dan 10 gram

Item Type: Thesis (Undergraduated)
Subjects: S Agriculture > SD Forestry
Divisions: Faculty of Agriculture > Department of Forestry
Depositing User: sugiarti sugiarti
Date Deposited: 18 Sep 2023 07:56
Last Modified: 18 Sep 2023 07:56
URI: http://repository.unib.ac.id/id/eprint/15986

Actions (login required)

View Item View Item