STUDI RESPON GELOMBANG SEISMIK PADA SEBARAN BATUBARA DI BAWAH PERMUKAAN DENGAN MENGGUNAKAN METODE SEISMIK AKTIF MASW 2-D

FROMITA, OCI and Refrizon, Refrizon and Rida, Samdara (2017) STUDI RESPON GELOMBANG SEISMIK PADA SEBARAN BATUBARA DI BAWAH PERMUKAAN DENGAN MENGGUNAKAN METODE SEISMIK AKTIF MASW 2-D. Undergraduated thesis, Universitas Bengkulu.

[img] Archive (Thesis)
skripsi oci.pdf - Bibliography
Restricted to Repository staff only
Available under License Creative Commons GNU GPL (Software).

Download (4MB)

Abstract

Eksplorasi batubara perlu dilakukan untuk mengetahui keberadaan serta volume cadangan batubara. Proses eksplorasidilakukan dengan beberapa metode, salah satunya MASW 1-D. Namun, metode ini hanya mampu mendeteksi ketebalan dan kedalamanbatubara di bawah permukaan. Oleh karena itu, dilakukan pengembangan MASW 1-D menjadi 2-D untuk hasilyang lebih akurat.Profil bawah permukaan diperoleh dari hasil pengolahan data menggunakan software Parkseis.Data diambil sebelum dan setelah penimbunan batubara.Data selanjutnya diolah yangmenghasilkankurva dispersi dan profil 2-D Vs terhadap kedalaman.Profil 2-D yang dihasilkansetelah penimbunan batubara tidak memperlihatkan sumber anomali dengan jelas. Hal ini disebabkan oleh jarak antar geophone sama dengan besar sumber anomali, yaitu 1 m. kemudian dilakukan pengambilan data lagi dengan jarak antar geophone 0,3 dan hasil profil 2-D nya memperlihatkan adanya sumber anomali. Nilai kecepatan gelombang Shear yang merambat pada batubara yaitu 200 m/s. Jarak antar geophone untuk proses eksplorasi menggunakan metode MASW harus lebih kecil dari pada sumber anomali untuk mendapatkan hasil yang baik.

Item Type: Thesis (Undergraduated)
Subjects: Q Science > Q Science (General)
Divisions: Faculty of Math & Natural Science > Department of Physics Science
Depositing User: 164 Irma Rohayu
Date Deposited: 21 Feb 2018 03:09
Last Modified: 21 Feb 2018 03:09
URI: http://repository.unib.ac.id/id/eprint/16024

Actions (login required)

View Item View Item