PENYELESAIAN WANPRESTASI PADA PERJANJIAN ANTARA PASIEN DENGAN BADAN PENYELENGGARA JAMINAN SOSIAL (BPJS) DI KECAMATAN TEBING TINGGI KABUPATEN EMPAT LAWANG

DWI, LARASATI and Slamet, Mulyono (2020) PENYELESAIAN WANPRESTASI PADA PERJANJIAN ANTARA PASIEN DENGAN BADAN PENYELENGGARA JAMINAN SOSIAL (BPJS) DI KECAMATAN TEBING TINGGI KABUPATEN EMPAT LAWANG. Undergraduated thesis, Universitas Bengkulu.

[img] Text (tesis)
DWI LARASATI FIX 17 SEPTEMBER 2020.pdf - Bibliography
Restricted to Repository staff only
Available under License Creative Commons GNU GPL (Software).

Download (4MB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui Faktor-faktor yang menjadi penyebab terjadinya wanprestasi pada perjanjian antara pasien dengan BPJS di kecamatan Tebing Tinggi kabupaten Empat Lawang dan untuk mengetahui Penyelesaian wanprestasi pada perjanjian antara pasien dengan BPJS di kecamatan Tebing Tinggi kabupaten Empat Lawang. Jenis penelitian ini merupakan penelitian hukum empiris, yang mana dalam penelitian ini data yang digunakan yaitu data primer dan data sekunder. Pengolahan data dilakukan melalui proses editing. Kemudian data dianalisis dengan metode analisis kualitatif. Hasil penelitian menunjukkan bahwa dalam pelaksanaan perjanjian pelayanan kesehatan antara pasien dengan BPJS masih terdapat kendala dalam pelaksanannya yaitu pasien tidak melakukan prestasinya berupa kewajiban membayar iuran tiap bulannya dengan BPJS. Sehingga perjanjian tersebut tidak terlaksana dengan baik. Dalam penyelesaian permasalahan tersebut diselesaikan secara musyawarah mufakat berupa pasien diberikan surat peringatan atau surat tagihan oleh pihak BPJS. Kata Kunci : Wanprestasi, Perjanjian, BPJS.

Item Type: Thesis (Undergraduated)
Subjects: K Law > K Law (General)
Divisions: Faculty of Law > Department of Law Science
Depositing User: irma rohayu
Date Deposited: 19 Sep 2023 06:51
Last Modified: 19 Sep 2023 06:51
URI: http://repository.unib.ac.id/id/eprint/16025

Actions (login required)

View Item View Item