PELAKSANAAN KONTRAK KERJASAMA PEMASARAN AIR MINUM DALAM KEMASAN “TEBO”ANTARA P.T. JEVI PUTRA PRATAMA DENGAN PERUSAHAAN DAERAH AIR MINUM TIRTA RATU SAMBAN BENGKULU UTARA

Elibet, Sirait and Slamet, Muljono and Edi, Hermansyah (2020) PELAKSANAAN KONTRAK KERJASAMA PEMASARAN AIR MINUM DALAM KEMASAN “TEBO”ANTARA P.T. JEVI PUTRA PRATAMA DENGAN PERUSAHAAN DAERAH AIR MINUM TIRTA RATU SAMBAN BENGKULU UTARA. Undergraduated thesis, Universitas Bengkulu.

[img] Text (tesis)
SKRIPSI Elibet Sirait.pdf - Bibliography
Restricted to Repository staff only
Available under License Creative Commons GNU GPL (Software).

Download (5MB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pelaksanaan kontrak Kerjasama Pemasaran Air Minum Dalam Kemasan (AMDK) “TEBO” antara P.T. Jevi Putra Pratama dengan Perusahaan Daerah Air Minum (PDAM) Tirta Ratu Samban Bengkulu Utara dan tindakan-tindakan atau penyelesaian yang telah ditempuh oleh PDAM Tirta Ratu Samban Bengkulu Utara atas permasalahan atau penyimpangan pelaksanaan kontrak oleh P.T. Jevi Putra Pratama. Penelitian ini menggunakan penelitian hukum empiris, yaitu dengan melihat kenyataan langsung di lapangan. Pendekatan penelitian diarahkan kepada studi terhadap hukum sebagai law in action (hukum sebagai fakta). Sumber data yang digunakan diperoleh secara langsung dari masyarakat (data primer), dan data yang diperoleh dari studi kepustakaan (data sekunder). Metode pengumpulan data yang digunakan, yaitu wawancara dan studi kepustakaan, kemudian dikelola dan dilakukan analisis kualitatif, yang kemudian mendeskripsikannya. Berdasarkan hasil penelitian diketahui tidak dilaksanakannya hak dan kewajiban para pihak yang melaksanakan kontrak. Apabila terjadi sengketa kedua belah pihak memilih cara musyawarah, mufakat untuk menemukan solusi yang memenangkan kedua belah pihak sehingga tidak ada yang dirugikan. Akibat tidak dilaksanakannya hak dan kewajiban para pihak ialah tidak tercapainya target pemasaran AMDK, dan terdapat tunggakan pembayaran atas penjualan AMDK, karena harga AMDK “TEBO” lebih tinggi dari produk lain, kurangnya pengalaman PDAM Tirta Ratu Samban Bengkulu Utara dalam produksi AMDK, dan produk AMDK “TEBO” tidak bervariasi sehingga kurang menarik bagi konsumer. Kata kunci : Kontrak, Pemasaran, Air Mineral Dalam Kemasan, PDAM.

Item Type: Thesis (Undergraduated)
Subjects: K Law > K Law (General)
Divisions: Faculty of Law > Department of Law Science
Depositing User: irma rohayu
Date Deposited: 19 Sep 2023 07:12
Last Modified: 19 Sep 2023 07:12
URI: http://repository.unib.ac.id/id/eprint/16033

Actions (login required)

View Item View Item