PELAKSANAAN TANGGUNG JAWAB PT POS INDONESIA TERHADAP PAKET KILAT KHUSUS DI KOTA BENGKULU

Fardhan, Adriano and Ganefi, Ganefi and Adi, Bastian Salam (2020) PELAKSANAAN TANGGUNG JAWAB PT POS INDONESIA TERHADAP PAKET KILAT KHUSUS DI KOTA BENGKULU. Undergraduated thesis, Universitas Bengkulu.

[img] Text (tesis)
Skripsi Fardhan Adriano.pdf - Bibliography
Restricted to Repository staff only
Available under License Creative Commons GNU GPL (Software).

Download (2MB)

Abstract

Paket Pos Kilat, layanan prioritas dari unit bisnis logistic PT. Pos Indonesia yang tersedia di provinsi di Indonesia.Sebagai badan yang bergerak di bidang jasa pengangkutan barang.Tujuan penelitian adalah untuk mengetahui. Untuk mengetahui dan menganalisa pelaksanaan tanggung jawab PT. Pos Indonesia Terhadap paket kilat khusus di Kota Bengkulu.Untuk mengetahui penyelesaian masalah keterlambatan dan kerusakan paket kilat khusus oleh PT. Pos Indonesia di Kota Bengkulu. Metode penelitian yuridis sosiologis yaitu penelitian dengan mengkaji kaidah�kaidah hukum atau norma hukum yang berlaku di masyarakat serta melihat dari sisi sosiologis hukum serta masyarakat dalam Pelaksanaan Tanggung Jawab PT. Pos Indonesia Terhadap Paket Kilat Khusus Di Kota Bengkuludalam pengiriman kilat khusus yang mengalami kerusakan dan keterlambatan Hasil penelitian didapatkan Perlindungan serta tanggung jawab atas kerugian yang diterima oleh konsumen dari pelaku usaha masih jauh dari harapan. Konsumen wajib dilindungi dari perilaku pelaku usaha yang tidak beritikad baik serta mendapatkan ganti kerugian yang selayaknya atas tanggung jawab pelaku usaha terhadap suatu produk/jasa yang mereka tawarkan. Sebagaimana maksud dan tujuan pembentukan UUPK untuk memberikan kepastian, keamanan dan bertanggung jawabnya pelaku usaha atas produk/jasa yang mereka tawarkan kepada konsumen. Tidak sebandingnya ganti kerugian tersebut, didasari oleh ketidaktahuan/kurangnya pengetahuan konsumen atas perlindungan konsumen serta kesadaran dari para pelaku usaha yang bersifat tanggung jawab atas produk/jasa yang mereka tawarkan kepada para konsumen.Penyelesaian masalah paket kilat khusus oleh PT pos Indonesia di kota Bengkulu pengembalian uang atau penggantian barang dan/atau jasa yang sejenis atau setara nilainya, atau perawatan kesehatan dan/atau pemberian santunan yang sesuai dengan ketentuan peraturan perundang-undangan yang berlaku. Ganti kerugian hanya diberikan pada konsumen yang mengalami keterlambatan dan kerusakan saja, menetapkan ganti kerugian bertentangan dengan peraturan perundangan-undangan. Kata Kunci :Pelaksanaan Tanggung Jawab, Paket Kilat Khusus

Item Type: Thesis (Undergraduated)
Subjects: K Law > K Law (General)
Divisions: Faculty of Law > Department of Law Science
Depositing User: irma rohayu
Date Deposited: 19 Sep 2023 07:38
Last Modified: 19 Sep 2023 07:38
URI: http://repository.unib.ac.id/id/eprint/16041

Actions (login required)

View Item View Item