PENYELESAIAN SENGKETA TANAH PERKEBUNAN RAKYAT YANG TUMPANG TINDIH DENGAN HGU PT. CIPTAMAS BUMI SELARAS DI KECAMATAN NASAL KABUPATEN KAUR

Febra, Sugandi and Emilia, Kontesa and M., Yamani Komar (2020) PENYELESAIAN SENGKETA TANAH PERKEBUNAN RAKYAT YANG TUMPANG TINDIH DENGAN HGU PT. CIPTAMAS BUMI SELARAS DI KECAMATAN NASAL KABUPATEN KAUR. Undergraduated thesis, Universitas Bengkulu.

[img] Text (tesis)
SKRIPSI FEBRA SUGANDI.pdf - Bibliography
Restricted to Repository staff only
Available under License Creative Commons Public Domain Dedication.

Download (5MB)

Abstract

Tanah merupakan salah satu sumber penghidupan dan mata pencaharian bagi manusia dan masyarakat sehingga menjadi kebutuhan manusia yang paling mendasar, dengan keyakinan betapa sangat dihargai dan bermanfaat tanah untuk kehidupan manusia, bahkan tanah dan manusia tidak dapat dipisahkan. Manusia hidup dan berkembang serta melakukan aktivitas di atas tanah sehingga setiap saat manusia berhubungan dengan tanah. Namun dalam memperolehnya banyak inanusia yang menggunakan berbagai cara untuk mendapatkannya, sehingga mereka menggunkan cara-cara yang bertentangan dengan hukum yang berlaku. faktor Yang Menyebabkan Terjadinya Tumpang Tindih Tanah Perkebunan Rakyat Dengan Hak Guna Usaha PT, Ciptamas Bumi Selaras Di Kecamatan Nasal Kabupaten Kaur adalah yaitu faktor kelalaian dan berbagai pihak. Upaya penyelesaian sengketa antara masyarakat dengan perusahaan dilakukan dengan berbagai cara, serta ditempuh dengan berbagai pihak yang memfasilitasinya sehingga tercapainya kesepakatan dengan para pihak yang bersengketa. Begitu juga dengan halnya dengan sengketa yang terjadi antara masyarakat dengan PT. Ciptamas Bumi Selaras di Kecarnataii Nassal Kabupaten Kaur yang dilakukan dengan upaya negosiasi yaitu dengan proses perundingan dan tawar menawar suatu konsesi, dalarn perniasalahan yang timbul di tenigah masyarakat di Kabupaten Kaur dengan pihak perusahaan, yaitu tokoh masyarakat yang diwakili dengan Kepala Desa di kecarnatan nassal yaitu samin dengan dengan perwakilan pihak perusahaan yaitu Arjun Sahuri. Kata Kunci : Penyelesaian Sengketa, PT. Ciptamas Bumi Selaras.

Item Type: Thesis (Undergraduated)
Subjects: K Law > K Law (General)
Divisions: Faculty of Law > Department of Law Science
Depositing User: irma rohayu
Date Deposited: 19 Sep 2023 07:47
Last Modified: 19 Sep 2023 07:47
URI: http://repository.unib.ac.id/id/eprint/16043

Actions (login required)

View Item View Item