PELAKSANAAN PERJANJIAN BAGI HASIL PENAMBANGAN EMAS ANTARA PENAMBANG DENGAN PEMILIK LAHAN TAMBANG DI DESA LEBONG TAMBANG KECAMATAN LEBONG UTARA

Fety, Yunike and Slamet, Muljono and Edi, Hermansyah (2020) PELAKSANAAN PERJANJIAN BAGI HASIL PENAMBANGAN EMAS ANTARA PENAMBANG DENGAN PEMILIK LAHAN TAMBANG DI DESA LEBONG TAMBANG KECAMATAN LEBONG UTARA. Undergraduated thesis, Universitas Bengkulu.

[img] Text (tesis)
SKRIPSI Fety Yunike.pdf - Bibliography
Restricted to Repository staff only
Available under License Creative Commons GNU GPL (Software).

Download (2MB)

Abstract

Penulisan skripsi ini bertujuan untuk mengetahui bentuk pelaksanaan perjanjian bagi hasil penambangan emas antara penambang dengan pemilik lahan tambang di Desa Lebong Tambang Kecamatan Lebong Utara dan mengetahui hambatan dalam pelaksanaan perjanjian bagi hasil penambangan emas antara penambang dengan pemilik lahan tambang di Desa lebong Tambang Kecamatan Lebong Utara. Metode penelitian yang digunakan dalam penelitian ini yaitu metode penelitian hukum empiris dengan pendekatan deskriptif kualitatif yaitu peneliti yang berujuan untuk menggambarkan tentang pelaksanaan perjanjian bagi hasil penambangan emas antara penambang dengan pemiliki lahan tambang di Desa Lebong Tambang Kecamatan Lebong Utara, dengan wilayah penelitian di Desa Lebong Tambang mengunakan pengumpulan data primer dan sekunder, sehingga penulis dapat memperoleh data yang akurat untuk menjawab permasalahan dalam skripsi ini. Analisi datanya yaitu secara kualitatif dengan menguraikan gambaran dari data yang diperoleh peneliti dilapangan dan menghubungkan satu sama lain untuk mendapatkan suatu kesimpulan umum. Hasil penelitian ini munjukan bahwa : a. Bentuk pelaksanaan perjanjian bagi hasil penambangan emas antara penambang dengan pemilik lahan tambang di Desa Lebong Tambang Kecamatan lebong Utara, yang dilakukan secara lisan atau tidak tertulis adapun bentuk pelaksanaan bagi hasil tambang emas yaitu ketika penambang sudah mendapatkan serat- serat emas maka penambang dan pemilik lahan tambang mendapatkan 30% serat-serat emas dan pemilik lahan tambang mendaptkan 40% serat-serat emas yang di berikan oleh penambang. b. Hambatan-hambatan dalam pelaksanaan perjanjian bagi hasil antara penambang dengan pemilik lahan tambang di Desa Lebong Tambang Kecamatan Lebong utara yaitu dalam melakukan pekerjaan penambang terkadang merasa di rugikan, karena apabila penambang mengalami luka-luka maka penambang melakukan pengobatan secara mandiri dan penambang tidak mendapatkan asuransi dari pihak pemilik lahan tambang dan penambang juga merasa di rugikan ketika hasil dari apa yang didapatkan di dalam lobang emas tidak sebanding dengan apa yang dikerjakan. Kata Kunci : Perjanjian , Bagi Hasil, Pemilik lahan tambang, Penambang.

Item Type: Thesis (Undergraduated)
Subjects: K Law > K Law (General)
Divisions: Faculty of Law > Department of Law Science
Depositing User: irma rohayu
Date Deposited: 19 Sep 2023 08:35
Last Modified: 19 Sep 2023 08:35
URI: http://repository.unib.ac.id/id/eprint/16053

Actions (login required)

View Item View Item