OPTIMALISASI PENJADWALAN PROYEK PADA JARINGAN STOKASTIK DENGAN PENDEKATAN PROGRAM EVALUATION AND REVIEW TECHNIQUE (PERT) (Studi Kasus Peningkatan Jalan Beringin Raya 7 Kota Bengkulu)

SARI, MIA PUSPITA and Fanani, Haryo Widodo and Siska, Yosmar (2016) OPTIMALISASI PENJADWALAN PROYEK PADA JARINGAN STOKASTIK DENGAN PENDEKATAN PROGRAM EVALUATION AND REVIEW TECHNIQUE (PERT) (Studi Kasus Peningkatan Jalan Beringin Raya 7 Kota Bengkulu). Undergraduated thesis, Universitas Bengkulu.

[img] Archive (Thesis)
SKRIPSI MIA.pdf - Bibliography
Restricted to Repository staff only
Available under License Creative Commons GNU GPL (Software).

Download (965kB)

Abstract

Penelitian skripsi ini mengenai problem jaringan dimana pekerjaan proyek peningkatan Jalan Beringin Raya 7 Kota Bengkulu merupakan sebuah kasus yang dipilih untuk menjadi obyek studi kasus. Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis efisiensi waktu pekerjaan dan mengetahui tahapan pekerjaan menggunakan metode Program Evaluation and Review Technique (PERT). Pekerjaan tersebut terdiri dari aktivitas-aktivitas yang harus diselesaikan sesuai dengan kontrak kerja. Durasi pada setiap aktivitas yang dilakukan tidak dapat diketahui dengan pasti dikarenakan berada pada interval waktu yang cukup panjang. Karenanya jaringan tahapan aktivitas dalam kasus ini merupakan jaringan stokastik. Mempertimbangkan karakteristik jaringan tersebut, maka pada kasus ini metode PERT dipandang sebagai metode yang tepat untuk digunakan menaksir total waktu yang dibutuhkan dalam penyelesaian proyek dengan kondisi tersebut agar hasilnya lebih efisien. Estimasi durasi waktu optimis, waktu pesimis dan waktu yang paling sering terjadi/normal didapatkan dari hasil wawancara dengan pelaksana kerja. Hasil dari penjadwalan waktu yang dihitung secara manual dengan menggunakan metode PERT ini adalah selama 43,459 hari 44 hari. Dengan demikian, penggunaan metode ini menunjukkan hasil yang lebih cepat bila dibandingkan hasil aktual di lapangan dengan selisih waktu selama 6 hari. Kata kunci: Penjadwalan proyek, peningkatan proyek jalan, PERT, jaringan stokastik.

Item Type: Thesis (Undergraduated)
Subjects: Q Science > QA Mathematics
Divisions: Faculty of Math & Natural Science > Department of Math Science
Depositing User: 163 Sugiarti Sugiarti
Date Deposited: 21 Feb 2018 08:07
Last Modified: 21 Feb 2018 08:07
URI: http://repository.unib.ac.id/id/eprint/16056

Actions (login required)

View Item View Item