PENGARUH ORIENTASI ETIS, PENGETAHUAN ETIKA DANLOCUS OF CONTROL TERHADAP PERSEPSI MAHASISWA AKUNTANSI ATAS PERILAKU TIDAK ETIS AKUNTAN

Afriani, Reti and Darman, Usman (2017) PENGARUH ORIENTASI ETIS, PENGETAHUAN ETIKA DANLOCUS OF CONTROL TERHADAP PERSEPSI MAHASISWA AKUNTANSI ATAS PERILAKU TIDAK ETIS AKUNTAN. Undergraduated thesis, Universitas Bengkulu.

[img] Archive (Thesis)
RETI AFRIANI (SKRIPSI).pdf - Bibliography
Restricted to Repository staff only
Available under License Creative Commons GNU GPL (Software).

Download (1MB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk membuktikan memiliki orientasi etis berpengaruh positif terhadap persepsi mahasiswa akuntansi atas perilaku tidak etis akuntan, pengaruh pengetahuan etika terhadap persepsi mahasiswa akuntansi atas perilaku tidak etis akuntan, serta untuk membuktikan locus of control berpengaruh positif terhadap persepsi mahasiswa akuntansi atas perilaku tidak etis akuntan. Penelitian ini merupakan penelitian empiris dengan pendekatan kuantitatif yang melibatkan penggunaan analisis statistik. Populasi pada penelitian ini adalah Universitas Bengkulu Fakultas Ekonomi dan Bisnis. Sampel dalam penelitian ini adalah mahasiswa S1 Akuntansi angkatan 2013. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah analisis variabel dummy dengan batuan software SPSS versi 23. Hasil penelitian menunjukkan bahwa mahasiswa dengan orientasi etis idealisme memiliki persepsi perilaku tidak etis cenderung lebih berpengaruh dibandingkan mahasiswa dengan orientasi etis relativisme. Pengetahuan etika berpengaruh tehadap persepsi mahasiswa akuntansi atas perilaku tidak etis akuntan. Hasil penelitian juga menunjukkan bahwa mahasiswa dengan locus of control internal memiliki pengaruh lebih tinggi dibandingkan dengan locus of control eksternal.

Item Type: Thesis (Undergraduated)
Subjects: H Social Sciences > HF Commerce > HF5601 Accounting
Divisions: Faculty of Economy > Department of Accounting
Depositing User: 161 Septi Septi
Date Deposited: 27 Feb 2018 03:50
Last Modified: 27 Feb 2018 03:50
URI: http://repository.unib.ac.id/id/eprint/16071

Actions (login required)

View Item View Item