GLORIA, PASARIBU and Edi, Hermansyah and Rahma, Fitri (2020) IMPLEMENTASI TANGGUNG JAWAB PT. PEGADAIAN (PERSERO) TERHADAP KERUSAKAN JAMINAN BARANG GADAI DI KOTA BENGKULU. Undergraduated thesis, Universitas Bengkulu.
Text (tesis)
SKRIPSI GLORIA LENGKAP.pdf - Bibliography Restricted to Repository staff only Available under License Creative Commons GNU GPL (Software). Download (1MB) |
Abstract
PT. Pegadaian (persero) merupakan salah satu tempat yang tepat mendapatkan pinjaman dana tunai tanpa menjual barang berharga yang dimiliki.Penyaluran uang pinjaman kepada masyarakat tersebut didasarkan pada hukum gadai. Permasalahan pada penelitian ini apa faktor penyebab terjadinya kerusakan barang jaminan yang digadaikan di Kota Bengkulu. Bagaimana implementasi tanggung jawab pihak PT. Pegadaian (Persero) terhadap kerusakan barang jaminan yang digadaikan di Kota Bengkulu.Tujuan penelitian ini untuk mengetahui dan menganalisis faktor penyebab terjadinya kerusakan barang jaminan yang digadaikan, serta untuk mengetahui dan menganalisis tanggung jawab pihak PT. Pegadaian (persero) terhadap kerusakan barang jaminan yang digadaikan di Kota Bengkulu.Metode yang digunakan pada penelitian ini ialah penelitian hukum empiris, penelitian ini menggunakan data primer dan sekunder yang di peroleh melaluiwawancara dan studi dokumen. Data yang diperolehakan di olah dengan teknik editing kemudian dianalisis dengan metode analisis kualitatif. Hasil penelitian menunjukkan bahwa: (1) Faktor penyebab terjadinya kerusakan yaitu Faktor Internal, hal-hal yang akan terjadi pada saat pengantaran dari UPC ke kantor cabang barang gadai terjatuh atau tertindih oleh barang gadai lainnya, kurangnya sosialisasi dari pegawai akan pemberitahuan melepaskan baterai laptop dan handphone. Faktor Sarana Prasarana yaitu faktor dari tempat penyimpanan barang gadai. (2) Tanggung jawab PT. Pegadaian jika terjadi kerusakan barang jaminan gadai akan memberikan ganti rugi berupa uang, barang serupa yang digadaikan atau pegawai pegadaian memperbaiki terlebih dahulu barang tersebut. Namun, di dalam penelitian ini terdapat kasus pada pemberian ganti rugi berupa uang tersebut tidak setara nilainya dengan perbaikan barang yang telah dialami nasabah. Kata Kunci : Tanggung Jawab PT. Pegadaian (persero), Rusaknya Barang Gadai, Ganti Rugi
Item Type: | Thesis (Undergraduated) |
---|---|
Subjects: | K Law > K Law (General) |
Divisions: | Faculty of Law > Department of Law Science |
Depositing User: | irma rohayu |
Date Deposited: | 20 Sep 2023 02:36 |
Last Modified: | 20 Sep 2023 02:36 |
URI: | http://repository.unib.ac.id/id/eprint/16072 |
Actions (login required)
View Item |