KUALITAS PELAYANAN PUBLIK DI KECAMATAN GADING CEMPAKA KOTA BENGKULU

YANUAR, MUHAMMAD REZKI and Kahar, Hakim and Yono, Merry (2017) KUALITAS PELAYANAN PUBLIK DI KECAMATAN GADING CEMPAKA KOTA BENGKULU. Undergraduated thesis, Universitas Bengkulu.

[img] Archive (Thesis)
SKRIPSI REZKI OK.pdf - Bibliography
Restricted to Repository staff only
Available under License Creative Commons GNU GPL (Software).

Download (2MB)

Abstract

ABSTRAK Penyelenggaraan Pelayanan Publik yang dilakukan aparatur Pemerintahan masih dihadapkan pada pelayanan yang belum efetif dan efisien serta sumber daya manusia yang belum memadai, sehingga hal tersebutlah yang menjadi suatu alasan mengapa Pelayanan Publik disuatu Instansi dibilang belum berkualitas, terutama di Kecamatan Gading Cempaka Kota Bengkulu saat ini. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui Kualitas Pelayanan Publik di Kecamatan Gading Cempaka Kota Bengkulu Penelitian ini adalah penelitian deskriptif dengan menggunakan pendekatan Kualitatif. Teknik pengumpulan data dilakukan dengan teknik observasi, wawancara, dan dokumentasi. Adapun informan penelitian dalam penelitian ini ada 10 orang, dimana diambil 5 orang dari masyarakat selaku penikmat Pelayanan dan 5 orang dari Pegawai Kantor selaku Pembuat Pelayanan. Teknik analisis data yang digunakan adalah model interaktif. Dari hasilpenelitianmenunjukkanbahwapelaksanaankualitaspelayanan publik di KecamatanGading Cempaka Kota Bengkulu yang dilihat dari aspekfasilitasfisik (tangible), kehandalan (reliability), dayatanggap(responsiveness), jaminan (assurance), empati (empathy) yaitu: (1) BagianPelayananUmum di KecamatanGading Cempajabelummemenuhifasilitaspelayanan,dikarenakan masih adanya kekurangan sarana yang mendukung, seperti kurangnya kursi, inilah yang menjadi penyebab masyarakat memandang aspek fisik atau wujud nyata dari pelayanan disini kurang berkualitas. (2)Masyarakatmasih merasapuasdenganpelayanan yang di berikanKecamatanGading Cempaka terkait masalah kehandalan (Reliability).(3) Untuk masalah ketanggapan (Responsive) dari pegawai Kantor sendiri masih terbilang cukup baik, karena masih sedikit adanya keluhan dari masyarakat pengguna pelayanan. (4) Keamananatau Jaminan (Assurance) dikantor ini sudah terbilang baik,dikarenakan Kantor Camat ini sudah bekerjasama dengan polsek yang posisinya berada tepat dibelakang kantor Camat.(5) Aspek Empati (Empathy) juga sudah bisa dikatakan baik karena pegawai kantor sendiri masih terbilang adil dalam melayani masyarakat tidak memandang status ataupun jabatan sehingga memberikan kesan yang menyenangkan bagi masyrakat selaku pengguna Pelayanan yang ada disana. Kata Kunci : Kualitas, Pelayanan Publik, Kecamatan Gading Cempaka

Item Type: Thesis (Undergraduated)
Subjects: J Political Science > JA Political science (General)
Divisions: Faculty of Social & Politics Science > Department of Public Administration
Depositing User: 022 Isran Elnadi
Date Deposited: 28 Feb 2018 03:05
Last Modified: 28 Feb 2018 03:05
URI: http://repository.unib.ac.id/id/eprint/16082

Actions (login required)

View Item View Item