IMPLEMENTASI PROGRAM GENERASI BERENCANA (GENRE) YANG DILAKSANAKAN OLEH BADAN KEPENDUDUKAN DAN KELUARGA BERENCANA NASIONAL DI PROVINSI BENGKULU TAHUN 2016

SIADARI, NOMBER HARIATI and Sugeng, Suharto and Alimansyah, Alimansyah (2017) IMPLEMENTASI PROGRAM GENERASI BERENCANA (GENRE) YANG DILAKSANAKAN OLEH BADAN KEPENDUDUKAN DAN KELUARGA BERENCANA NASIONAL DI PROVINSI BENGKULU TAHUN 2016. Undergraduated thesis, Universitas Bengkulu.

[img] Archive (Thesis)
SKRIPSI Nomber Hariati Siadari.pdf - Bibliography
Restricted to Repository staff only
Available under License Creative Commons GNU GPL (Software).

Download (2MB)

Abstract

Program Generasi Berencana (Genre) merupakan program yang dicanangkan oleh Badan Kependudukan dan Keluarga Berencana Nasional (BKKBN). Program ini dikembangkan oleh Sub Bidang Bina Ketahanan Remaja, Advokasi dan KIE juga berkoordinasi juga dengan Sub Bagian Umum dan Humas dan mitra BKKBN yang lain. Sasaran program ini ditujukan bagi remaja dan keluarga yang memiliki remaja sebagai wadah dan sumber informasi bagi orang tua untuk memperoleh pengetahuan tentang pembinaan remaja agar terwujudnya remaja yang berakhlak mulia dan terciptanya keluarga sejahtera. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui implementasi dari Badan Kependudukan dan Keluarga Berencana Nasional dalam mengembangkan program Generasi Berencana. Fokus penelitian dalam skripsi ini mengacu pada program Genre terkhususnya BKR dan PIK R/M di Sekolah-sekolah, kampus yaitu sosialisasi, pembentukkan, pembinaan, pengawasan serta faktor yang mempengaruhi dalam implementasi program Genre. Jenis penelitian ini termasuk deskriptif dengan pendekatan kualitatif, dengan jenis data wawancara, pengamatan, data primer dan sekunder, informan penelitian ini sebanyak 10 orang yang diambil berdasarkan teknik purposive sampling. Adapun teknik analisis data yang digunakan adalah metode analisis data induktif terdiri dari pengumpulan data, penyederhanaan data, penyajian data dan penarikan kesimpulan maksudnya yaitu, semua data dianalisis berdasarkan data yang diperoleh selanjutnya dikembangkan menjadi hipotesis. Berdasarkan hasil penelitian di Lapangan implementasi program Genre terkhususnya PIK R di Sekolah-Sekolah dapat dikatakan baik. Hal ini dapat dilihat dengan telah dilakukannya sosialisasi program Genre, pembentukan, pembinaan serta pengawasan PIK R di Sekolah-Sekolah. Faktor penghambat pelaksanaan program Genre adalah belum memasyarakatnya program Genre serta masih ada remaja yang telah mengetahui program Generasi Berencana namun belum tertarik untuk bergabung dan perubahan pada kalangan remaja dan masyarakat belum meningkat secara signifikan sedangkan, Faktor pendukung pelaksanaan program Genre adalah adanya dasar hukum yang kuat, tersedianya materi Genre, serta adanya kerjasama yang terjalin. Kata Kunci: Implementasi, Program Genre (Generasi Berencana)

Item Type: Thesis (Undergraduated)
Subjects: J Political Science > JA Political science (General)
Divisions: Faculty of Social & Politics Science > Department of Public Administration
Depositing User: 022 Isran Elnadi
Date Deposited: 28 Feb 2018 03:09
Last Modified: 28 Feb 2018 03:09
URI: http://repository.unib.ac.id/id/eprint/16083

Actions (login required)

View Item View Item