PENGGUNAAN DANA KREDIT USAHA RAKYAT (KUR) OLEH USAHA MIKRO KECIL DAN MENENGAH (UMKM) DI BANK DAERAH (Bank Bengkulu Cabang Utama Kota Bengkulu)

OKTARI, AZALIA WANDA and Lipneldi, Lipneldi and Alimansyah, Alimansyah (2017) PENGGUNAAN DANA KREDIT USAHA RAKYAT (KUR) OLEH USAHA MIKRO KECIL DAN MENENGAH (UMKM) DI BANK DAERAH (Bank Bengkulu Cabang Utama Kota Bengkulu). Undergraduated thesis, Universitas Bengkulu.

[img] Archive (Thesis)
PDF SKRIPSI2.pdf - Additional Metadata
Restricted to Repository staff only
Available under License Creative Commons GNU GPL (Software).

Download (2MB)

Abstract

J udul yang di angkat dal am pene l it ian i ni ada lah “Penggunaa n Dana K r edit Usaha Rakyat (KUR) oleh Usaha Mikro Kecil dan Menengah (UMKM) di Bank Daerah (Bank Bengkulu Cabang Utama) ”. Met ode yang di gunakan dalam penelitian ini adalah metode deskriptif kualitatif. Penelitian ini dilakukan dengan tujuan untuk mengetahui bagaimana penggunaan dana KUR yang dilakukan oleh UMKM yang terdaftar sebagai debitur KUR di Bank Bengkulu Cabang Utama yang telah menerima dana KUR tersebut dalam mengelola dana yang ada untuk keberlangsungan usaha UMKM tersebut. Penelitian yang dilakukan menggunakan teknik purposive sampling dengan jumlah informan yang terdiri dari debitur penerima dana KUR periode 2012-2014 yang terdaftar di Bank Bengkulu Cabang Utama sebanyak 7 orang. Teknik pengumpulan data yang digunakan adalah dengan teknik pengumpulan data primer yakni dengan cara wawancara dan observasi, serta pengumpulan data sekunder dengan cara dokumentasi. Teknik analisis data yang digunakan adalah analisis kualitatif dengan metode deskriptif berdasarkan teori Miles dan Huberman. Dan penelitian ini menggunakan teori penggunaan dana dari Mulyasa, 3 aspek penilaian mengenai penggunaan dana yang baik dapat dinilai melalui financial planning (perencanaan keuangan), implmentation (penerapan), dan evaluation (evaluasi/penilaian). Dari hasil observasi dan analisis data diketahui bahwa terdapat 2 dari 7 orang penerima dana KUR yang belum bisa mengelola dana KUR dengan baik dalam usaha mereka dibuktikan dengan ketidaksesuaian antara financial planning (perencanaan keuangan) dan implementation (penerapan) yang dilakukan oleh debitur penerima dana KUR tersebut yang juga dibuktikan melalui proses evaluation (evaluasi/penilaian) yang telah dilaksanakan selama observasi di lapangan, sedangkan 5 orang debitur penerima dana KUR lainnya bisa mengelola dana KUR yang tersedia untuk keberlangsungan usaha mereka, dibuktikan dengan kesesuaian antara financial planning (perencanaan keuangan) dan implementation (penerapan) yang juga dibuktikan melalui proses evaluation (evaluasi/penilaian) yang telah dilaksanakan selama observasi di lapangan. Maka diketahui penggunaan dana KUR oleh UMKM di Bank Bengkulu Cabang Utama sudah mendekati teori penggunaan dana yang baik dengan dibuktikan dengan lebih dari setengah dari jumlah debitur bisa mengelola dana KUR yang tersedia untuk keberlangsungan UMKM tersebut. Kata kunci : penggunaan dana KUR dan UMKM x

Item Type: Thesis (Undergraduated)
Subjects: J Political Science > JA Political science (General)
Divisions: Faculty of Social & Politics Science > Department of Public Administration
Depositing User: 022 Isran Elnadi
Date Deposited: 28 Feb 2018 03:40
Last Modified: 28 Feb 2018 03:40
URI: http://repository.unib.ac.id/id/eprint/16093

Actions (login required)

View Item View Item