Jana, Ayu and Wayan, Dharmayana and Arsyadani, Mishbahuddin (2022) STUDI STRATEGI PELAKSANAAN LAYANAN BIMBINGAN DAN KONSELING DI SMP NEGERI SELAMA PANDEMI COVID-19 (CORONAVIRUS DISEASE) KOTA BENGKULU. Undergraduated thesis, Universitas Bengkulu.
Text
AYU SKRIPSI KASET.pdf - Bibliography Restricted to Repository staff only Available under License Creative Commons GNU GPL (Software). Download (4MB) |
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk menggambarkan strategi layanan bimbingan dan konseling terhadap kebutuhan peserta didik di tengah krisis pendidikan pada masa pandemi Covid-19 ditingkat SMP Negeri Kota Bengkulu. Penelitian ini merupakan penelitian kualitatif naturalistik yaitu penelitian yang terjun ke lapangan secara langsung untuk memperoleh data. Pengambilan sampel menggunakan cluster random sampling dari 25 sekolah sehingga peneliti menetapkan 5 SMP Negeri yang ada di Kota Bengkulu. Subjek penelitian adalah 50 peserta didik dan 5 guru BK yang diwawancarai disertai kegiatan observasi dan dokumentasi. Aktivitas dalam analisis data menggunakan model Miles dan Huberman yang meliputi reduksi data, penyajian data, dan penarikan kesimpulan serta verifikasi. Hasil penelitian menunjukan bahwa problematika peserta didik yang rentan terjadi diera pandemi Covid-19 adalah kegagalan pemahaman materi dan kurangnya fasilitas belajar online sehingga menurunnya kualitas kehadiran peserta didik di sekolah akibat pembolosan hingga tidak mengerjakan tugas. Upaya konselor dalam membantu kesulitan peserta didik dengan keterbatasan waktu diera pandemi adalah memberikan pelayanan informasi format klasikal melalui daring dan tatap muka secara bergilir. Layanan responsif yang signifikan diberikan secara individu diera pandemi Covid-19 seperti kegiatan konferensi kasus, kunjungan rumah dan berkolaborasi dengan baik antar guru maupun orang tua peserta didik dalam menangani problematika yang sedang ditangani. Komponen layanan bimbingan konseling diimplementasikan konselor dalam mengentaskan hambatan peserta didik secara komprehensif dengan strategi layanan dasar format klasikal melalui tatap muka dan berbasis daring dimasa pandemi untuk meminimalisir kontradiksi pemahaman diri peserta didik, layanan responsif rentan dilaksanakan untuk mengentasi masalah dengan saling berkolaborasi hingga melakukan alih tangan kasus dari wali kelas kepada konselor temasuk biaya pelaksanaan yang masih menjadi kendala yang dihadapi konselor. Jalan alternatif yang dapat dilakukan konselor yaitu menyediakan biaya transportasi secara pribadi khususnya dalam melakukan kunjungan rumah dan tetap mematuhi protokol kesehatan Covid-19. Kata Kunci: Covid-19, Strategi, Bimbingan Konseling Komprehensif
Item Type: | Thesis (Undergraduated) |
---|---|
Subjects: | L Education > L Education (General) |
Divisions: | Faculty of Education > Department of English Education |
Depositing User: | 034 Septi Septi |
Date Deposited: | 20 Sep 2023 08:17 |
Last Modified: | 20 Sep 2023 08:17 |
URI: | http://repository.unib.ac.id/id/eprint/16103 |
Actions (login required)
View Item |