KONSEP DIRI “ RO MANT IC REL AT I ONSH IP ” PADA REMAJA (Studi Pada Remaja Berpacaran Sekolah Menegah Atas di Kota Bengkulu)

GUSTIAN, ANGGA and Andi, Makhrian and Khairil, Buldani (2017) KONSEP DIRI “ RO MANT IC REL AT I ONSH IP ” PADA REMAJA (Studi Pada Remaja Berpacaran Sekolah Menegah Atas di Kota Bengkulu). Undergraduated thesis, Universitas Bengkulu.

[img] Archive (Thesis)
SKRIPSI ANGGA.pdf - Bibliography
Restricted to Repository staff only
Available under License Creative Commons GNU GPL (Software).

Download (1MB)

Abstract

DIE008030 Hubungan romantis yang berkomitmen adalah hubungan antar-individu yang berasumsi bahwa mereka akan secara mendasar dan terus-menerus menjadi bagian dari hidup orang lain. Dengan perkembangan zaman, tradisi pacaran sendiri memiliki variasi dalam pelaksanaannya. Hubungan romantis remaja ini bersifat sukarela, setidaknya dalam kebanyakan kultur barat. Kita tidak memilih keluarga, tetangga, atau rekan kerja, tetapi kita memilih teman intim. Pada penelitian ini penulis meneliti tentang Konsep Diri “ Romantic Relationship” Pada Remaja. Sebagaimana diketahui bahwa hubungan romantis remaja masih dianggap hal yang tabu karena masih kurang pantas dilakukan oleh anak sekolah. Ini menjadi menarik karena remaja sudah semakin larut dalam hubungan romantis. Karena hubungan romantis ini remaja terbuai akan akan harapan-harapan yang tidak realistis yang sangat mempengaruhi konsep dirinya. Tipe penelitian ini adalah deskriptif kualitatif dengan menggunakan teori George Herbert Mead (mind, self, society) sebagai analisis penelitian ini. Data penelitian ini diperoleh melalui tahapan wawancara mendalam dengan informan pokok, observasi dan dokumentasi. Hasil analisis diuji keabsahannya dengan menggunakan triangulasi sumber. Hasil penelitian menunjukkan bahwa saat awal hubungan romantis remaja terjadi karena harapan-harapan yang tidak realistis berbanding terbalik dengan cerita romantis pada televisi dan akhirnya secara tidak langsung para remaja romantic relationship telah menutup diri dari lingkungan dan menjadi individu yang cepat marah serta responsif terhadap pujian. Kata kunci : Remaja, Hubungan Romantis, Pacaran

Item Type: Thesis (Undergraduated)
Subjects: J Political Science > JA Political science (General)
Divisions: Faculty of Social & Politics Science > Department of Communication
Depositing User: 022 Isran Elnadi
Date Deposited: 28 Feb 2018 04:07
Last Modified: 28 Feb 2018 04:07
URI: http://repository.unib.ac.id/id/eprint/16104

Actions (login required)

View Item View Item