LATIFAH, HANI YATUL and Hadiwinarto, Hadiwinarto and Afifatus, Sholihah (2022) PENGARUH LAYANAN KONSELING KELOMPOK DENGAN TEKNIK ASSERTIVE TRAINING UNTUK MENINGKATKAN INTERAKSI SOSIAL SISWA DI SMP NEGERI 4 KOTA BENGKULU. Undergraduated thesis, Universitas Bengkulu.
Text
SKRIPSI Hani FIKS CETAK.pdf - Bibliography Restricted to Repository staff only Available under License Creative Commons GNU GPL (Software). Download (2MB) |
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan pengaruh layanan konseling kelompok dengan teknik assertive training terhadap interaksi sosial siswa di SMP Negeri 4 Kota Bengkulu. Metode penelitian ini menggunakan eksperimen dengan one-group pretest posttest design. Populasi dalam penelitian ini adalah siswa SMP Negeri 4 Kota Bengkulu di kelas IX.8. Sampel penelitian berjumlah 7 orang yang mengalami interaksi sosial rendah. Siswa dikategorikan rendah apabila siswa tidak aktif dalam berinteraksi dengan lingkungan sekolah, seperti siswa suka menyendiri saat di sekolah dan kurang rasa simpati terhadap siswa lain. Sampel diambil dengan teknik purposive sampling. Pengambilan data menggunakan kuisioner (angket) dengan skala likert dengan 3 alternatif jawaban. Teknik analisis data menggunakan Uji t (paired sample test). Hasil yang diperoleh dalam penelitian ini menunjukkan adanya kenaikan interaksi sosial siswa setelah diberikan konseling kelompok dengan teknik assertive training sebagai treatment. Hal ini ditunjukkan dengan nilai rata-rata skor sebelum diberikan treatment 56,57 dalam kategori rendah dan setelah diberikan treatment nilai rata-rata skor menjadi 131,85 dalam kategori tinggi. Hasil Uji t menunjukkan nilai t= 16.193 dan sig(2- tailed) 0.000 Kata kunci : Layanan Konseling Kelompok, Teknik Asserive Training, interaksi sosial
Item Type: | Thesis (Undergraduated) |
---|---|
Subjects: | L Education > L Education (General) |
Divisions: | Faculty of Education > Department of Indonesian Language and Literature Education |
Depositing User: | 034 Septi Septi |
Date Deposited: | 21 Sep 2023 01:50 |
Last Modified: | 21 Sep 2023 01:50 |
URI: | http://repository.unib.ac.id/id/eprint/16116 |
Actions (login required)
View Item |