KOMUNIKASI ANTAR BUDAYA DALAM MEMBENTUK HARMONISASI KERJA DI CV FAJAR ADVERTISING (Studi Deskriptif Kualitatif Pada CV Fajar Advertising)

SYUKRI, MUHAMMAD and Dwi, Aji Budiman and Rasianna, Br Saragih (2017) KOMUNIKASI ANTAR BUDAYA DALAM MEMBENTUK HARMONISASI KERJA DI CV FAJAR ADVERTISING (Studi Deskriptif Kualitatif Pada CV Fajar Advertising). Undergraduated thesis, Universitas Bengkulu.

[img] Archive (Thesis)
skripsi syukri.pdf - Bibliography
Restricted to Repository staff only
Available under License Creative Commons GNU GPL (Software).

Download (2MB)

Abstract

Komunikasi antar budaya yang terjadi di CV Fajar Advertising begitu kental di rasakan, baik itu berasal dari bengkulu maupun yang berasal dari luar bengkulu oleh sebab itu sering tejadi perselisihan antar karyawan. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui Komunikasi Antar Budaya dapat membentuk hubungan harmonis di CV Fajar advertising dengan mengunakan model dari Gudykunst dan Young Yun Kim yang berdasarkan kepada latar belakang budaya, sosiobudaya, dan psikobudaya, Penelitian ini merupakan penelitian deskriptif kualitatif. Teknik sampling menggunakan purposive sampling, serta teknik pengumpulan data yaitu dengan observasi, wawancara mendalam serta dokumentasi. Hasil penelitian ini menunjukkan: pertama dalam aspek budaya, para karyawan mengalami hambatan sikap dan bahasa yang terjadi antara karyawan yang berasal dari etnis Bengkulu, Padang, Lubuk Linggau, dan Jawa karena perbedaan sikap dan bahasa berpengaruh kepada latar belakang budaya kolektif mereka yang kuat. Ditinjau dari aspek sosiobudaya, seperti pengaruh kelompok kerja masih sangat terasa walaupun mereka sudah berbaur dengan karyawan yang berasal dari etnis lain. Dari aspek psikobudaya stereotip dan prasangka terjadi antara sesama karyawan mereka bisa mengatasi masalah tersebut secara bijaksana karena mereka berpedoman bahwa mereka sama-sama pekerja justru mereka bisa mengatasi prasangka. Sehingga dapat disimpulkan dapat membentuk hubungan yang harmonis melalui tiga apek yaitu aspek budaya, aspek sosiobudaya, dan aspek psikobudaya. Kata kunci: komunikasi antar budaya, model Gudykunst dan Young Yun Kim, aspek budaya, sosiobudaya, dan psikobudaya, harmonis

Item Type: Thesis (Undergraduated)
Subjects: J Political Science > JA Political science (General)
Divisions: Faculty of Social & Politics Science > Department of Communication
Depositing User: 022 Isran Elnadi
Date Deposited: 28 Feb 2018 07:56
Last Modified: 28 Feb 2018 07:56
URI: http://repository.unib.ac.id/id/eprint/16122

Actions (login required)

View Item View Item