POLA KOMUNIKASI KELOMPOK MAHASISWA YANG MENGALAMI GEGAR BUDAYA DALAM BERADAPTASI DENGAN BUDAYA LOKAL (Studi Deskriptif Kualitatif pada Mahasiswa NTT yang ada di Universitas Bengkulu)

PRASETYO, YOGI and Achmad, Aminudin and Lisa, Adhrianti (2017) POLA KOMUNIKASI KELOMPOK MAHASISWA YANG MENGALAMI GEGAR BUDAYA DALAM BERADAPTASI DENGAN BUDAYA LOKAL (Studi Deskriptif Kualitatif pada Mahasiswa NTT yang ada di Universitas Bengkulu). Undergraduated thesis, Universitas Bengkulu.

[img] Text (Thesis)
Skripsi Yogi.pdf - Bibliography
Restricted to Repository staff only
Available under License Creative Commons GNU GPL (Software).

Download (5MB)

Abstract

Gegar budaya atau bisa disebut keterkejutan budaya, dimana seseorang ketika datang ke suatu wilayah yang baru maka mereka akan mengalami keterkejutan budaya dengan budaya lokal tersebut. Budaya lokal adalah budaya yang ada di tempat asalnya dan turun temurun ke masyrakat asli daerah tersebut. Salah satu yang mengalami gegar budaya adalah mahasiswa NTT ketika datang pertama kali ke Bengkulu mereka sulit beradaptasi dengan budaya lokal. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pola komunikasi kelompok mahasiswa NTT dengan budaya lokal yang ada di Universitas Bengkulu. Penelitian ini merupakan penelitian deskriptif kualitatif, penelitian yang menjelaskan secara mendalam pola komunikasi yang mereka lakukan. Teknik sampling menggunakan purposive sampling, serta teknik pengumpulan data yaitu dengan observasi, wawancara mendalam serta dokumentasi. Hasil temuan data dikaitkan dengan teori Pengurangan Ketidakpastian. Hasil penelitian menunjukkan bahwa pola komunikasi yang mahasiswa NTT lakukan ketika mengalami gegar budaya budaya dengan cara pola komunikasi sirkular karena sangat sulit untuk beradaptasi dengan lingkungan sosial yang baru ketika datang dan mengalami ketidakpastian dengan lingkungan baru, gegar budaya yang mereka alami seperti bahasa, makanan, adat istiadat yang cukup berbeda dengan daerah timur. Sehingga dapat disimpulkan bahwa ketika mengalami gegar budaya sebaikanya budaya lokal ikut membantu mengatasinya. Kata kunci: Gegar Budaya, Budaya Lokal, Mahasiswa NTT, Teori Pengurangan Ketidakpastian

Item Type: Thesis (Undergraduated)
Subjects: J Political Science > JA Political science (General)
Divisions: Faculty of Social & Politics Science > Department of Communication
Depositing User: 022 Isran Elnadi
Date Deposited: 28 Feb 2018 08:28
Last Modified: 28 Feb 2018 08:28
URI: http://repository.unib.ac.id/id/eprint/16131

Actions (login required)

View Item View Item