PENYELESAIAN PELANGGARAN ADAT ZINA YANG DILAKUKAN OLEH ANAK MELALUI LEMBAGA ADAT RAJO PENGHULU DI KELURAHAN DUSUN BESAR KECAMATAN SINGARAN PATI

Mudhiah, Agustin and Lidia, Br. Karo and Susi, Ramadhani (2020) PENYELESAIAN PELANGGARAN ADAT ZINA YANG DILAKUKAN OLEH ANAK MELALUI LEMBAGA ADAT RAJO PENGHULU DI KELURAHAN DUSUN BESAR KECAMATAN SINGARAN PATI. Undergraduated thesis, Universitas Bengkulu.

[img] Text (tesis)
SKRIPSI MUDHIAH.pdf - Bibliography
Restricted to Repository staff only
Available under License Creative Commons GNU GPL (Software).

Download (2MB)

Abstract

Zina menurut hukum adat pengertiannya lebih luas karena pelaku yang tidak terikat perkawinan pun juga termasuk dianggap zina sedangkan dalam KUHP, perzinahan itu harus dilakukan oleh pelaku yang salah satu atau dua-duanya sudah terikat perkawinan serta dalam keadaan suka sama suka dan tidak boleh ada paksaan dari salah satu pihak. Perbuatan zina seharusnya diselesaikan melalui lembaga peradilan pidana, namun fakta menunjukkan di daerah penelitian apabila terjadi pelanggaran zina diselesaikan melalui lembaga adat. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui dan mendeskripsikan penyelesaian pelanggaran zina yang dilakukan oleh anak menurut hukum adat Bengkulu di Kelurahan Dusun Besar Kecamatan Singaran Pati. Metode penelitian ini bersifat deskriptif dengan pendekatan penelitian empiris. Sumber data yang digunakan adalah data primer dan data sekunder. Analisis data dalam penelitian ini dengan analisis kualitatif. Berdasarkan hasil penelitian diketahui bahwa dalam penyelesaian pelanggaran adat zina yang dilakukan oleh anak terdapat 3 (tiga) tahapan yaitu Tahap Pra Sidang, Tahap Sidang, dan Tahap Pasca Sidang. Sedangkan hambatan yang terdapat dalam tiap tahap penyelesaian antara lain perangkat adat yang berhalangan hadir, adanya protes dari orang tua anak, dan para pihak yang tidak tepat waktu dalam membayar dendo adat. Kata kunci: Penyelesaian, Pelanggaran, Adat, Zina, Anak, Rajo Penghulu.

Item Type: Thesis (Undergraduated)
Subjects: K Law > K Law (General)
Divisions: Faculty of Law > Department of Law Science
Depositing User: irma rohayu
Date Deposited: 21 Sep 2023 02:25
Last Modified: 21 Sep 2023 02:25
URI: http://repository.unib.ac.id/id/eprint/16133

Actions (login required)

View Item View Item