PENGARUH LAYANAN KONSELING KELOMPOK DENGAN MENGGUNAKAN TEKNIK ROLE PLAYING UNTUK MENGELOLA EMOSI DIRI SISWA KELAS IX 6 SMP NEGERI 18 KOTA BENGKULU

Puspa, Nikita Greynada and I Wayan, Dharmayana and Rita, Sinthia (2021) PENGARUH LAYANAN KONSELING KELOMPOK DENGAN MENGGUNAKAN TEKNIK ROLE PLAYING UNTUK MENGELOLA EMOSI DIRI SISWA KELAS IX 6 SMP NEGERI 18 KOTA BENGKULU. Undergraduated thesis, Universitas Bengkulu.

[img] Text
SKRIPSI NIKITA GREYNADA PUSPA (A1L016061).pdf - Bibliography
Restricted to Repository staff only
Available under License Creative Commons GNU GPL (Software).

Download (3MB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan pengaruh layanan konseling kelompok dengan teknik role playing untuk mengurangi emosi diri siswa kelas IX 6 SMP Negeri 18 Kota Bengkulu. Metode yang digunakan dalam penelitian ini yaitu eksperimen dengan one-group pre-test post-test design. Populasi pada penelitian ini adalah siswa kelas IX 6 yang berjumlah 30 orang. Lalu sampel penelitian ini berjumlah 6 orang yang memiliki tingkat emosi diri sangat tinggi, dan juga mengalami emosi yang tidak stabil. Sampel ini diambil dengan teknik purposive sampling. Teknik pengambilan data menggunakan kuisioner (angket) dengan skala likert. Teknik analisis data penelitian ini melalui pengujian Uji T (paired sample test). Hasil yang diperoleh dalam penelitian ini menunjukkan adanya penurunan skor emosi diri, setelah diberikan perlakuan konseling kelompok dengan teknik role playing. Hal ini juga terlihat dengan nilai rata-rata skor sebelum diberikan treatment 105 dalam kategori tinggi. Setelah diberikan treatment nilai rata-rata skor menjadi 84,66 dalam kategori rendah. Hasil Uji T menunjukkan nilai t= 3.588 (p,0,05) ,sehingga H0 ditolak dan Ha diterima. Artinya ada pengaruh yang signifikan setelah diberikan layanan konseling kelompok dengan teknik role playing, terhadap tingkat emosi diri siswa kelas IX 6 SMP Negeri 18 Kota Bengkulu. Kata kunci : Emosi Diri, Konseling Kelompok, Teknik Role Playing

Item Type: Thesis (Undergraduated)
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Faculty of Education > Department of Indonesian Language and Literature Education
Depositing User: 034 Septi Septi
Date Deposited: 21 Sep 2023 02:42
Last Modified: 21 Sep 2023 02:42
URI: http://repository.unib.ac.id/id/eprint/16135

Actions (login required)

View Item View Item