IMPLEMENTASI PROGRAM CORPORATE SOCIAL RESPONSIBILITY (CSR) PT. PAMOR GANDA TERHADAP KESEJAHTERAAN KELUARGA (Studi Kasus Pada Warga Kecamatan Ketahun Kabupaten Bengkulu Utara)

KURNIAWAN, CHANDRA and Yunilisiah, Yunilisiah and Muria, Herlina (2017) IMPLEMENTASI PROGRAM CORPORATE SOCIAL RESPONSIBILITY (CSR) PT. PAMOR GANDA TERHADAP KESEJAHTERAAN KELUARGA (Studi Kasus Pada Warga Kecamatan Ketahun Kabupaten Bengkulu Utara). Undergraduated thesis, Universitas Bengkulu.

[img] Archive (Thesis)
SKRIPSI CHANDRA KURNIAWAN LENGKAP.pdf - Additional Metadata
Restricted to Repository staff only
Available under License Creative Commons GNU GPL (Software).

Download (1MB)

Abstract

CorporateSocialResponsibility (CSR) adalah suatu kepedulian organisasi bisnis untuk bertindak dengan cara-cara mereka sendiri dalam sebuah pendekatan dimana perusahaan berdiri dan mengintegrasikan kepedulian sosial dalam operasi bisnis dan interaksi mereka dengan pemangku kepentingan (stakeholder) berdasarkan prinsip kesukarelaan dan kemitraan. Penelitian bertujuan untuk mendeskripsikan dampak program CSR PT. Pamor Ganda dalam meningkatkan kesejahteraan keluarga dan untuk mengetahui program CSR tersebut berjalan secara berkelanjutan atau tidak. Jenis penelitian yakni penelitian deskriptif kualitatif yang menggambarkan secara mendalam tentang situasi atau proses yang diteliti dengan penjelasan-penjelasan yang bersifat kualitatif. Melibatkan informan sebanyak 15 orang, yang terdiri dari Pihak Tim CSR PT. Pamor Ganda, Perangkat Desa Pasar Ketahun, dan Masyarakat penerima program CSR PT. Pamor Ganda. Metode penelitian ini menggunakan observasi, wawancara dan studi dokumentasi. Hasil penelitian menunjukan bahwa PT. Pamor Ganda memberikan 2 bentuk bantuan program CSR yakni: Bantuan Uang tunai, dan Bantuan Pendidikan. Bantuan tersebut berjalan kurang baik dan menimbulkan dampak positif dan negatif bagi kesejahteraan keluarga. Hal ini dikarenakan dari kedua bantuan tersebut hanya bantuan pendidikan yang bisa meningkatkan kesejahteraan keluarga dan program CSR lainnya hanya bersifat sementara dan kurang dirasakan oleh masyarakat, serta PT. Pamor Ganda juga tidak memberikan program CSR sesuai dengan peraturan daerah yang telah ditetapkan. Maka disarankan: (1) PT. Pamor Ganda diharapkan untuk melaksanakan program CSR sesuai dengan peraturan daerah yang telah ditetapkan oleh pemerintahan Kabupaten Bengkulu Utara. (2) Pemerintah hendaknya lebih memantau perkembangan dan memberikan sanksi tegas bagi perusahaan yang tidak menjalankan CSR sesuai dengan peraturan daerah yang ada. (3) Perangkat Desa hendaknya dapat memanfaatkan program sesuai dengan kebutuhan dan dapat dirasakan oleh semua anggota masyarakat. (4) Masyarakat hendaknya memanfaatkan bantuan yang ada sebaik mungkin dan saling menjaga agar seluruh masyarakat dapat merasakan. Kata Kunci : CorporateSocialResponsibility(CSR) dan Kesejahteraan Keluarga

Item Type: Thesis (Undergraduated)
Subjects: J Political Science > JA Political science (General)
Divisions: Faculty of Social & Politics Science > Department of Social Welfare
Depositing User: 022 Isran Elnadi
Date Deposited: 28 Feb 2018 08:43
Last Modified: 28 Feb 2018 08:43
URI: http://repository.unib.ac.id/id/eprint/16136

Actions (login required)

View Item View Item