ANALISIS TERHADAP PERENCANAAN PEMBANGUNAN ANALISIS PARTISIPASI MASYARAKAT TERHADAP PERENCANAAN PEMBANGUNAN MASYARAKAT TERHADAP PERENCANAAN PEMBANGUNAN DI KECAMATAN PEMATANG TIGA KABUPATEN BENGKULU TENGAH DI KECAMATAN PEMATANG TIGA KABUPATEN BENGKULU TENGAH

ISMET, ISMET and Handoko, Hadiyanto and Mintargo, Mintargo (2017) ANALISIS TERHADAP PERENCANAAN PEMBANGUNAN ANALISIS PARTISIPASI MASYARAKAT TERHADAP PERENCANAAN PEMBANGUNAN MASYARAKAT TERHADAP PERENCANAAN PEMBANGUNAN DI KECAMATAN PEMATANG TIGA KABUPATEN BENGKULU TENGAH DI KECAMATAN PEMATANG TIGA KABUPATEN BENGKULU TENGAH. Masters thesis, Universitas Bengkulu.

[img] Archive (Thesis)
Tesis ISMET.pdf - Bibliography
Restricted to Repository staff only
Available under License Creative Commons GNU GPL (Software).

Download (1MB)

Abstract

Setiap pembangunan yang dilaksanakan oleh pemerintah selalu bertujuan untuk mencapai masyarakat yang sejahtera, oleh karena itu masyarakat memiliki bagian yang sangat penting dalam proses pembangunan yang dilaksanakan oleh pemerintah. Tapi pada kenyataannya saat ini masih banyak pembangunanpembangunan yang dilaksanakan oleh pemerintah daerah kurang melibatkan peran aktif ,masyarakat di daerah itu sendiri. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk menganalisa tingkat partisipasi masyarakat dan megidentifikasi faktor penentu tingkat partisipasi masyarakat dalam perencanaan pembangunan di Kecamatan Pematang Tiga Kabupaten Bengkulu Tengah. Metode yang digunakan adalah metode deskriptif dengan pendekatan kualitatif, tehnik analisis yang digunakan adalah tehnik analisis pembobotan yang dinilai dalam skala likert dengan menggunakan metode kuesioner dan wawancara. Berdasarkan hasil dari penelitian yang dilakukan untuk menganalisa tingkat partisipasi masyarakat dalam perencanaan pembangunan di Kecamatan Pematang Tiga Kabupaten Bengkulu Tengah apabila dilihat dari nilai rat-rata keseluruhan dimensi yang ada adalah sedang, dari keseluruhan dimensi yang ada, tingkat partisipasi masyarakat di Kecamatan Pematang Tiga Kabupaten Bengkulu Tengah adalah rendah, ini berarti tingkat partisipasi masyarakat masih kurang aktif dalam pelaksanaan perencanaan pembangunan di Kecamatan Pematang Tiga Kabupaten Bengkulu Tengah. Sedangkan berdasarkan hasil wawancara, mayoritas responden menyatakan bahwa faktor pendidikan, pekerjaan, jenis kelamin, dan latar belakang sosial budaya merupakan faktor penentu tingkat partisipasi masyarakat dalam perencanaan pembangunan di Kecamatan Pematang Tiga Kabupaten Bengkulu Tengah denga responden menilai bahwa jenis kelamin adalah faktor yang paling menetukan dari pada faktor lainnya. Selain itu perlunya dilibatkan masyarakat untuk mengawasi pelaksanan pembangunan agar sesuai dengan keinginan yang dikehendaki dengan tidak mengurangi prinsip-prinsip partisipatif. Hasil penelitian ini kiranya dapat dimanfaatkan dan diaplikasi oleh pemerintah daerah sehingga dapat memperbaiki dan menyadari pentingnya partisipasi masyarakat dalam suatu perencanaan pembangunan di Kecamatan Pematang Tiga Kabupaten Bengkulu Tengah.

Item Type: Thesis (Masters)
Subjects: H Social Sciences > H Social Sciences (General)
Divisions: Postgraduate Program > Magister Perencanaan Pembangunan
Depositing User: 164 Irma Rohayu
Date Deposited: 01 Mar 2018 02:43
Last Modified: 01 Mar 2018 02:43
URI: http://repository.unib.ac.id/id/eprint/16145

Actions (login required)

View Item View Item