PENGARUH LAYANAN KONSELING KELOMPOK MENGUNAKAN TEKNIK DEEP BRATHING TERHADAP REGULASI EMOSI SISWA KELAS IX SMP NEGERI 4 KOTA BENGKULU

MONICA, WIDIA and Yessy, Rosalina and Arsyadani, Mishbahuddin (2021) PENGARUH LAYANAN KONSELING KELOMPOK MENGUNAKAN TEKNIK DEEP BRATHING TERHADAP REGULASI EMOSI SISWA KELAS IX SMP NEGERI 4 KOTA BENGKULU. Undergraduated thesis, Universitas Bengkulu.

[img] Text
SKRIPSI _WIDIA MONICA_A1L017035.pdf - Bibliography
Restricted to Repository staff only
Available under License Creative Commons GNU GPL (Software).

Download (5MB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan pengaruh layanan konseling kelompok dengan menggunakan teknik deep breathing terhadap regulasi emosi siswa. Penelitian ini menggunakan metode eksperimen dengan desain penelitian one group pre-test dan post-test. Populasi dalam penelitian ini berjumlah 33 orang siswa yang merupakan seluruh siswa kelas IX.2 SMP Negeri 4 Kota Bengkulu. Teknik pengambilan sampel yang digunakan adalah purposive sampling. Sampel pada penelitian ini berjumlah 7 orang siswa. Teknik Pengambilan data menggunakan kuesioner dengan model skala Likert. Pada penelitian ini teknik analisis data menggunakan Uji T (paired sample test). Hasil yang diperoleh dalam penelitian ini menunjukkan adanya peningkatan yang signifikan siswa setelah diberikan layanan konseling kelompok terhadap regulasi emosi siswa. Hal ini dapat dilihat dari hasil pengujian hipotesis yang menunjukkan nilai t -16,688 dan nilai sig (2-tailed) sebesar 0,000 (<0,005), maka artinya H0 ditolak dan Ha diterima. Dapat disimpulkan bahwa terdapat pengaruh layanan konseling kelompok dengan menggunakan teknik deep breathing terhadap regulasi emosi siswa. Kata kunci : Regulasi Emosi , Konseling Kelompok, Teknik Deep Breathing

Item Type: Thesis (Undergraduated)
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Faculty of Education > Department of Indonesian Language and Literature Education
Depositing User: 034 Septi Septi
Date Deposited: 21 Sep 2023 07:38
Last Modified: 21 Sep 2023 07:38
URI: http://repository.unib.ac.id/id/eprint/16152

Actions (login required)

View Item View Item