PERTIMBANGAN HAKIM DALAM MENGABULKAN NAFKAH ISTRI DAN MUT’AH PADA PUTUSAN VERSTEK PERKARA CERAI TALAK DENGAN NOMOR PERKARA 0051/PDT.P/2019/PA.BN DI PENGADILAN AGAMA BENGKULU KELAS 1A

Nisaul, Istiqomah and Subanrio, Subanrio and Joko, Susetyanto (2020) PERTIMBANGAN HAKIM DALAM MENGABULKAN NAFKAH ISTRI DAN MUT’AH PADA PUTUSAN VERSTEK PERKARA CERAI TALAK DENGAN NOMOR PERKARA 0051/PDT.P/2019/PA.BN DI PENGADILAN AGAMA BENGKULU KELAS 1A. Undergraduated thesis, Universitas Bengkulu.

[img] Text (TESIS)
Nisaulistiqomah S.H wisuda fix (1).pdf - Bibliography
Restricted to Repository staff only
Available under License Creative Commons GNU GPL (Software).

Download (2MB)

Abstract

Pertimbangan hakim adalah bagian terpenting dalam menentukan kualitas suatu putusan. Dalam hal ini penulis ingin mengetahui dan mengungkapkan apakah pertimbangan hakim Pengadilan Agama Bengkulu mengenai pengabulan nafkah iddah dan mut’ah yang diputus secara vertek telah sesuai dengan ketentuan hukum positif maupun hukum islam yang berlaku seperti yang terdapat dalam putusan pengadilan perkara cerai talak dengan nomor perkara 0051/Pdt.G/2019/Pa.Bn yang dimana hakim dalam putusanya mengabulkan nafkah iddah dan mut’ah meskipun tanpa adanya tuntutan dari termohon. Penulisan skripsi ini bersifat normatif dan menggunakan metode pendekatan studi kasus dengan menggunakan teori tujuan hukum dan teori putusan hakim. Hasil yang diperoleh dari penelitian ini menunjukan hakim dalam Pengadilan Agama Bengkulu menggunakan hak ex officio pada perkara cerai talak yaitu pada nafkah yang tidak dituntut seperti nafkah iddah dan mut’ah. Jika ditinjau dalam hukum positif dan hukum islam Pertimbangan hakim dalam mengabulkan nafkah iddah dan mut’ah telah sesuai dengan kaidah hukum positif maupun hukum Islam yang berlaku berdasarkan asas keadilan serta pengaturan yang telah ada baik di dalam peraturan Undang-undang maupun Al-quran Kata Kunci: Pertimbangan Hakim, verstek, nafkah iddah, mut’ah.

Item Type: Thesis (Undergraduated)
Subjects: K Law > K Law (General)
Divisions: Faculty of Law > Department of Law Science
Depositing User: irma rohayu
Date Deposited: 21 Sep 2023 04:13
Last Modified: 21 Sep 2023 04:13
URI: http://repository.unib.ac.id/id/eprint/16160

Actions (login required)

View Item View Item