PENYELESAIAN SENGKETA TANAH WARIS MENURUT HUKUM ADAT REJANG DI DESA SELUBUK KECAMATAN AIR NAPAL KABUPATEN BENGKULU UTARA (STUDI KASUS ANTARA ILI DAN MARGONO)

NORA, NOPRIANI and Hamdani, Maakir and Andry, Harijanto (2020) PENYELESAIAN SENGKETA TANAH WARIS MENURUT HUKUM ADAT REJANG DI DESA SELUBUK KECAMATAN AIR NAPAL KABUPATEN BENGKULU UTARA (STUDI KASUS ANTARA ILI DAN MARGONO). Undergraduated thesis, Universitas Bengkulu.

[img] Text (tesis)
SKRIPSI NORA OK.pdf - Bibliography
Restricted to Repository staff only
Available under License Creative Commons GNU GPL (Software).

Download (1MB)

Abstract

Penelitian terhadap penyelesaian sengketa tanah waris menurut Hukum Adat Rejang di Desa Selubuk Kecamatan Air Napal Kabupaten Bengkulu Utara. Penelitian ini bertujuan untuk : (1) mengetahui dan menjelaskan proses penyelesaian sengketa tanah waris menurut hukum adat Rejang di Desa Selubuk Kecamatan Air Napal Kabupaten Bengkulu Utara. (2) Untuk mengetahui hambatan dalam melakukan proses penyelesaian sengketa tanah waris menurut hukum adat Rejang di Desa Selubuk Kecamatan Air Napal Kabupaten Bengkulu Utara. Metode penelitian ini bersefat penelitian hukum empiris, jenis penelitian sumber datanya yaitu data primer dan sekunder. Hasil penelian ini : (1) Proses penyelesaian sengketa tanah waris menurut hukum adat Rejang di Desa Selubuk Kecamatan Air Napal Kabupaten Bengkulu Utara dilakukan dengan empat tahap, adanya laporan (mengadau), proses persiapan, proses pelaksanaan, dan proses penutupan. Proses penyelesaiannya ditingkat desa yang diselesaikan oleh fungsionaris adat desa melalui sidang perdamaian adat. (2) Hambatan dalam melakukan penyelesaian sengketa tanah waris menurut hukum adat Rejang di Desa Selubuk adalah legalitas kepemilikan lahan masyarakat yang kurang jelas, tuntutan tanpa ada bukti-bukti kepemilikan yang jelas, perbedaan tuntutan dari penggugat. Penggugat yang bersi keras meminta ganti rugi kepada tergugat. Kata kunci : Sengketa Tanah Warisan, dan Hukum Adat Rejang

Item Type: Thesis (Undergraduated)
Subjects: K Law > K Law (General)
Divisions: Faculty of Law > Department of Law Science
Depositing User: irma rohayu
Date Deposited: 21 Sep 2023 04:25
Last Modified: 21 Sep 2023 04:25
URI: http://repository.unib.ac.id/id/eprint/16162

Actions (login required)

View Item View Item