APLIKASI KLASIFIKASI USAHA MIKRO HOME INDUSTRY IKAN KERING DENGAN ALGORITMA FUZZY C-MEANS CLUSTERING DI DAERAH PESISIR KOTA BENGKULU

FERDIANSYAH, RIO and Rusdi, Efendi and Boko, Susilo (2017) APLIKASI KLASIFIKASI USAHA MIKRO HOME INDUSTRY IKAN KERING DENGAN ALGORITMA FUZZY C-MEANS CLUSTERING DI DAERAH PESISIR KOTA BENGKULU. Undergraduated thesis, Universitas Bengkulu.

[img] Archive (Thesis)
SKRIPSI fix.pdf - Bibliography
Restricted to Repository staff only
Available under License Creative Commons GNU GPL (Software).

Download (2MB)

Abstract

Usaha mikro adalah usaha produktif milik orang perorangan atau badan usaha perorangan. Salah satu usaha mikro adalah home industry (industry rumah tangga). Home industry adalah rumah usaha produk barang atau juga perusahaan kecil. Tujuan penelitian ini adalah terbangunnya aplikasi klasifikasi usaha mikro home industry ikan kering menggunakan algoritma Fuzzy C- Means clustering di daerah pesisir Kota Bengkulu berbasis web dengan framework CodeIgneter dan terklasifikasi usaha mikro home industry ikan kering di daerah pesisir Kota Bengkulu menjadi 3 (tiga) kelompok yaitu: 1) skala kecil, 2) skala menengah, dan 3) skala besar. Hasil penelitian dari 40 data pengusaha home industry dapat diklasifikasikan menggunakan Algoritma Fuzzy C-Means clustering berdasarkan 7 kriteria yaitu: modal, kapasitas produksi, lama usaha, omset penjualan, keuntungan, biaya tenaga kerja, besar asset. Dan hasil perhitungan fungsi obyektif sampai pada kondisi berhenti yang tercapai pada iterasi ke-26 adalah sebagai berikut: usaha mikro home industry ditentukan dengan 3 (tiga) skala prioritas yaitu skala kecil terdapat 17 Pengusaha, usaha mikro home industry dengan skala menengah terdapat 12 Pengusaha, dan usaha mikro home industry dengan skala besar terdapat 11 Pengusaha berdasarkan 7 kriteria dengan kedekatan data dan pusat kluster pada perhitungan algoritma Fuzzy C Means clustering. Hasil pengujian menggunakan metode blackbox, fungsional sistem telah 100% berhasil berfungsi dengan baik, terdiri dari delapan halaman dan total 16 skenario.

Item Type: Thesis (Undergraduated)
Subjects: T Technology > T Technology (General)
Divisions: Faculty of Engineering > Department of Informatics Engineering
Depositing User: 164 Irma Rohayu
Date Deposited: 01 Mar 2018 08:16
Last Modified: 01 Mar 2018 08:16
URI: http://repository.unib.ac.id/id/eprint/16169

Actions (login required)

View Item View Item