EFEKTIVITAS LAYANAN KONSELING KELOMPOK DENGAN TEKNIK PLAY THERAPY UNTUK MENINGKATKAN SIKAP PROSOSIAL SISWA KELAS X MIPA 2 SMA NEGERI 4 KOTA BENGKULU

FATURRAHMAN, FATURRAHMAN and Hadiwinarto, Hadiwinarto and Sri, Saparahayuningsih (2022) EFEKTIVITAS LAYANAN KONSELING KELOMPOK DENGAN TEKNIK PLAY THERAPY UNTUK MENINGKATKAN SIKAP PROSOSIAL SISWA KELAS X MIPA 2 SMA NEGERI 4 KOTA BENGKULU. Undergraduated thesis, Universitas Bengkulu.

[img] Text
Faturrahman BK FKIP UNIB.pdf - Bibliography
Restricted to Repository staff only
Available under License Creative Commons GNU GPL (Software).

Download (7MB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui efektivitas layanan konseling kelompok dengan teknik play therapy untuk meningkatkan sikap prososial siswa kelas X MIPA 2 SMA Negeri 4 Kota Bengkulu. Peneliti menggunakan penelitian kuantitatif jenis eksperimen sikap prososial siswa. Subjek penelitian ini berjumlah 8 orang siswa. Dengan menggunakan teknik pengumpulan data menggunakan angket sikap prososial. Hasil penelitian menunjukan bahwa sikap prososial siswa meningkat setelah diberikan layanan konseling kelompok. Hal ini ditunjukan dengan rata-rata sikap prososial siswa sebelum diberikan treatment kategori rendah dan setelah diberikan treatment nilai rata-rata menjadi kategori tinggi. Dari hasil penelitian ini menunjukan bahwa layanan konseling kelompok dengan teknik play therapy efektif untuk meningkatkan sikap prososial siswa kelas X MIPA 2 di SMAN 4 Kota Bengkulu. Berdasarkan hasil penelitian tersebut disarankan kepada guru bimbingan dan konseling untuk dapat menggunakan layanan konseling kelompok dengan teknik play therapy untuk meningkatkan sikap prososial siswa Kata kunci : prososial, konseling kelompok, teknik play therapy

Item Type: Thesis (Undergraduated)
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Faculty of Education > Department of Indonesian Language and Literature Education
Depositing User: 034 Septi Septi
Date Deposited: 21 Sep 2023 07:39
Last Modified: 21 Sep 2023 07:39
URI: http://repository.unib.ac.id/id/eprint/16171

Actions (login required)

View Item View Item