Klasifikasi Kawasan Permukiman Tingkat Kelurahan untuk Pembangunan Sistem Berbasis Data Kualitas Permukiman (Studi Kasus:67 Kelurahan di Kota Bengkulu)

SETIAWAN, RIZKI and Ernawati, Ernawati and Rusdi, Efendi (2017) Klasifikasi Kawasan Permukiman Tingkat Kelurahan untuk Pembangunan Sistem Berbasis Data Kualitas Permukiman (Studi Kasus:67 Kelurahan di Kota Bengkulu). Undergraduated thesis, Universitas Bengkulu.

[img] Archive (Thesis)
G1A013007_RIZKI_SKRIPSI.pdf - Bibliography
Restricted to Repository staff only
Available under License Creative Commons GNU GPL (Software).

Download (4MB)

Abstract

Permukiman kumuh merupakan lingkungan hunian atau tempat tinggal beserta lingkungannya, yang berfungsi sebagai rumah tinggal dan sebagai sarana pembinaan keluarga, tetapi tidak layak huni. Penentuan kualitas permukiman kumuh di Kota bengkulu dibagi menjadi empat tingkatan kekumuhan yaitu kumuh berat, kumuh sedang, kumuh ringan, dan tidak Kumuh. Dalam mengklasifikasi data pemukiman kumuh di kota bengkulu, perlu adanya basis data yang saat menyimpan seluruh data pemukiman kumuh dari 67 kelurahan di Kota Bengkulu. Basis data ini digunakan sebagai data rekap yang sudah di olah dari data KOTAKU. Untuk menentukan kualitas permukiman tersebut diperlukan 7 indikator sebagai acuan penentuan kualitas permukiman, dimana didalam 7 indikator tersebut terdapat 19 sub indikator. Tujuan Penelitian ini adalah (1)Mengimplementasikan Metode Fuzzy C-Means (FCM) pada Basis Data Klasifikasi Kualitas Permukiman Kumuh di Keluruhan se-Kota Bengkulu; (2) Membangun basis data kasus basis Kawasan Permukiman Tingkat Kelurahan seKota Bengkulu; dan (3)Membantu dan mempermudah Tim KOTAKU dalam penentuan tingkat kekumuhan. Dalam penentuan tingkat kekumuhan peneliti menggunakan metode Fuzzy C-Means . Hasil yang didapat dengan metode Fuzzy C-Means untuk penentuan klasifikasi berdasarkan kualitas permukiman terbagi menjadi 4 tingkatan kekumuhan yang memiliki akurasi sebesar 62.687% yang didapat dari hasil perbandingan data hasil kluster metode Fuzzy C-Means dengan data dari KOTAKUKota Bengkulu.

Item Type: Thesis (Undergraduated)
Subjects: T Technology > T Technology (General)
Divisions: Faculty of Engineering > Department of Informatics Engineering
Depositing User: 164 Irma Rohayu
Date Deposited: 01 Mar 2018 08:25
Last Modified: 01 Mar 2018 08:25
URI: http://repository.unib.ac.id/id/eprint/16171

Actions (login required)

View Item View Item