IKLAN PERJUDIAN PADA MEDIA SOSIAL DITINJAU DARI HUKUM ISLAM

Okta, Darmansa and M., Darudin and Adi, Bastian Salam (2020) IKLAN PERJUDIAN PADA MEDIA SOSIAL DITINJAU DARI HUKUM ISLAM. Undergraduated thesis, Universitas Bengkulu.

[img] Text (TESIS)
Skripsi Novian Dwi Cahyo PDF.pdf - Bibliography
Restricted to Repository staff only
Available under License Creative Commons GNU GPL (Software).

Download (547kB)

Abstract

Iklan merupakan salah satu cara mempromosikan suatu barang atau jasa dengan melalui media elektronik dan media sosial. Iklan dilakukan dari dua (2) orang yang membuat perjanjian dengan kata sepakat dalam suatu barang atau jasa. Iklan ini terdiri dari tiga (3) media antara lain media cetak, media audio, media online. Dalam iklan di media sosial terdapat iklan perjudian seperti permainan judi bola dan poker. Permasalahan dalam penelitian ini adalah apa bentuk dan jenis iklan perjudian pada media sosial dan bagaimana pandangan Hukum Islam terhadap iklan perjudian dalam media sosial. Adapun tujuan dilakukannya penelitian ini yaitu untuk mengetahui pandangan Hukum Islam terhadap iklan perjudian dalam media sosial. Dalam penelitian ini, penulis mengggunakan metode penelitian hukum empiris yang dilakukan dengan cara pendekatan sampel purposive sampling. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa bentuk iklan perjudian dalam media sosial ini ada dua bentuk yaitu, direct advertising, media sosial advertising, yang mana dua bentuk iklan ini terdapat perjudian dengan jenis yang sama seperti poker online, judi bola, sabung ayam online dan permainan yang lainnya. dan pandangan hukum islam dikatakan haram hasilnya maupun yang mempromosikan mendapatkan dosa besar. Karena berdasarkan Al-Qur‟an dan Hadist, juga sesuai Fatwa Majelis Ulama Indonesia No 24 Tahun 2017 tentang Hukum dan pedoman Bermuamalah melalui media sosial. Upaya yang dilakukan oleh ulama telah dilakukan dalam membuat fatwa untuk media sosial, tetapi hasilnya belum berjalan optimal karena masih banyak yang belum ada kesadaran diri untuk bijak dalam media sosial itu. Kata Kunci: Iklan, Perjudian, Upaya Meningkatkan, Media Sosial

Item Type: Thesis (Undergraduated)
Subjects: K Law > K Law (General)
Divisions: Faculty of Law > Department of Law Science
Depositing User: irma rohayu
Date Deposited: 21 Sep 2023 06:37
Last Modified: 21 Sep 2023 06:37
URI: http://repository.unib.ac.id/id/eprint/16173

Actions (login required)

View Item View Item