RANCANG BANGUN SISTEM RENTAL MOBIL DI WILAYAH KOTA BENGKULU DENGAN MENERAPKAN METODE ELECTRE IV DALAM MEMBUAT KEPUTUSAN PEMILIHAN MOBIL RENTAL BERBASIS WEBSITE ONLINE

SUPARMAJI, SUPARMAJI and Desi, Andreswari and Endina, Putri Purwandari (2017) RANCANG BANGUN SISTEM RENTAL MOBIL DI WILAYAH KOTA BENGKULU DENGAN MENERAPKAN METODE ELECTRE IV DALAM MEMBUAT KEPUTUSAN PEMILIHAN MOBIL RENTAL BERBASIS WEBSITE ONLINE. Undergraduated thesis, Universitas Bengkulu.

[img] Archive (Thesis)
Skripsi.pdf - Bibliography
Restricted to Repository staff only
Available under License Creative Commons GNU GPL (Software).

Download (3MB)

Abstract

Mobilitas yang tinggi dan waktu yang sedikit menyebabkan usaha rental mobil menjadi salah satu alternatif masyarakat dalam menunjang kecepatan dan efisiensi kerja. Sehingga penelitian ini dilakukan dengan tujuan untuk membangun sebuah sistem rental mobil di wilayah Kota Bengkulu berbasis website online dan menerapkan metode Electre IV dalam membuat keputusan pemilihan mobil rental. Data yang dikelola dalam sistem rental mobil ini berupa data rental mobil yang ada di wilayah kota Bengkulu dan data masukan untuk membuat keputusan pemilihan mobil rental yaitu biaya rental, kapasitas mobil, umur mobil, dan record rental. Hasil dari penelitian ini adalah sebuah sistem rental mobil yang mampu menerapkan metode Electre IV dalam membuat keputusan pemilihan mobil rental dengan disertai fitur pengolahan data. Pengujian white box dilakukan dengan metode basis path testing pada algoritma Electre IV dan menghasilkan 5 jalur/path berbeda, dengan hasil setiap kondisi berhasil dijalankan tanpa ada kesalahan. Pengujian black box dilakukan terhadap 12 kelas uji dan 60 skenario pengujian yang diujikan dengan hasil 60 skenario uji berhasil 100%, dan berjalan sebagaimana mestinya. Pengujian akurasi dilakukan untuk mengukur tingkat akurasi metode Electre IV dalam membuat keputusan pemilihan mobil rental, dengan tingkat akurasi 85% metode ini dianggap dapat memberikan rekomendasi mobil rental yang sesuai dengan kebutuhan user.

Item Type: Thesis (Undergraduated)
Subjects: T Technology > T Technology (General)
Divisions: Faculty of Engineering > Department of Informatics Engineering
Depositing User: 164 Irma Rohayu
Date Deposited: 01 Mar 2018 08:51
Last Modified: 01 Mar 2018 08:51
URI: http://repository.unib.ac.id/id/eprint/16177

Actions (login required)

View Item View Item