PENGARUH LAYANAN INFORMASI DENGAN MENGGUNAKAN MEDIA SINEMA EDUKASI UNTUK MENINGKATKAN KESEHATAN MENTAL PADA SISWA KELAS VII D SMP NEGERI 13 KOTA BENGKULU

RAMADANTI, FENNY and Yessy, Elita and Rita, Sinthia (2022) PENGARUH LAYANAN INFORMASI DENGAN MENGGUNAKAN MEDIA SINEMA EDUKASI UNTUK MENINGKATKAN KESEHATAN MENTAL PADA SISWA KELAS VII D SMP NEGERI 13 KOTA BENGKULU. Undergraduated thesis, Universitas Bengkulu.

[img] Text
Fenny Ramadanti BK FKIP UNIB 2022.pdf - Bibliography
Restricted to Repository staff only
Available under License Creative Commons GNU GPL (Software).

Download (4MB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan pengaruh layanan informasi dengan menggunakan media sinema edukasi untuk meningkatkan kesehatan mental pada siswa kelas VII D SMP Negeri 13 Kota Bengkulu. Metode penelitian ini menggunakan metode eksperimen dengan two group pre-test post-test design. Sampel penelitian yaitu siswa kelas VII D berjumlah 29 orang siswa yang memiliki kesehatan mental rendah. Pengambilan sampel yang digunakan adalah total sampling. Teknik pengumpulan data menggunakan skala kesehatan mental dengan skala Likert. Teknik analisis data penelitian menggunakan Uji (paired sample t -test). Hasil yang diperoleh dalam penelitan ini menunjukan adanya peningkatan kesehatan mental siswa setelah diberikan layanan informasi dengan menggunakan media sinema edukasi. Hal ini dapat terlihat dari hasil pengujian hipotesis dengan hasil Uji t-6.197. Artinya terdapat pengaruh yang signifikan terhadap kesehatan mental siswa sebelum dan sesudah diberikannya layanan informasi dengan menggunakan media sinema edukasi untuk meningkatkan kesehatan mental pada siswa kelas VII D SMP Negeri 13 Kota Bengkulu. Kata Kunci: Kesehatan Mental, Layanan Informasi, Media Sinema Edukasi

Item Type: Thesis (Undergraduated)
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Faculty of Education > Department of Indonesian Language and Literature Education
Depositing User: 034 Septi Septi
Date Deposited: 21 Sep 2023 07:39
Last Modified: 21 Sep 2023 07:39
URI: http://repository.unib.ac.id/id/eprint/16178

Actions (login required)

View Item View Item