ANALISIS PEMBERDAYAAN MASYARAKAT MELALUI PROGRAM USAHA PENINGKATAN PENDAPATAN KELUARGA SEJAHTERA (UPPKS) (Studi Kasus Pada Kelompok UPPKS Melati di Kelurahan Air Putih Lama Curup)

HARDIANTI, HARDIANTI and Syuplahan, Gumay and Muria, Herlina (2017) ANALISIS PEMBERDAYAAN MASYARAKAT MELALUI PROGRAM USAHA PENINGKATAN PENDAPATAN KELUARGA SEJAHTERA (UPPKS) (Studi Kasus Pada Kelompok UPPKS Melati di Kelurahan Air Putih Lama Curup). Undergraduated thesis, Universitas Bengkulu.

[img] Archive (Thesis)
SKRIPSI HARDIANTI.pdf - Bibliography
Restricted to Repository staff only
Available under License Creative Commons GNU GPL (Software).

Download (2MB)

Abstract

Pemberdayaan Masyarakat adalah upaya perencanaan pada perubahan disuatu komunitas masyarakat dari ketidakberdayaan menjadi berdaya dengan melibatkan diri dalam partisipasi dan menuju kemandirian. Penelitian bertujuan untuk mendeskripsikan bagaimana partisipasi masyarakat dalam program pemberdayaan melalui Program UPPKS dapat meningkatkan pendapatan keluarga demi terwujudnya masyarakat mandiri dan tercapainya kesejahteraan sosial. Jenis penelitian yakni penelitian deskriptif kualitatif yang menggambarkan secara mendalam tentang situasi atau proses yang diteliti dengan penjelasan-penjelasan yang bersifat kualitatif. Melibatkan informan sebanyak 7 orang, yang terdiri dari Kepala Bidang Keluarga Sejahtera dan Pemberdayaan Keluarga Perwakilan BKKBN Provinsi Bengkulu, Ketua Kelompok UPPKS Melati dan anggota kelompok UPPKS Melati. Metode penelitian ini menggunakan Observasi, Wawancara dan Studi Dokumentasi. Hasil penelitian menunjukkan bahwa pelaksanaan program UPPKS Melati berdampak pada aspek ekonomi masyarakat Kelurahan Air Putih Lama. Hal ini sesuai dengan tujuan dari program UPPKS yakni program UPPKS sebagai wadah pemberdayaan ibu-ibu dibidang ekonomi sebagai upaya peningkatan penanggulangan kemiskinan dalam rangka membangun kemandirian dan ketahanan keluarga serta mewujudkan keluarga kecil, bahagia dan sejahtera. Atau dengan kata lain pemberdayaan melalui program UPPKS berjalan dengan baik dan mampu meningkatkan pendapatan ekonomi keluarga sehingga terpenuhi kebutuhan hidup para anggotanya. Namun masih terdapat sedikit kendala, maka disarankan: Ketua dan anggota kelompok UPPKS sebaiknya memperbanyak kreasi produksi serta mempercantik kemasan produksi agar mampu bersaing dan menembus pasar yang lebih luas agar masyarakat lebih mengenal hasil produksi dari UPPKS Melati. Petugas lapangan yang bertugas membina kelompok UPPKS diharapkan lebih sering mengujungi kelompok UPPKS. Serta pemeritah yang dalam hal ini adalah BKKBN diharapakan dapat membantu dalam penyediaan modal usaha kepada pihak swasta seperti Bank, Koperasi, dll demi keberlangsungan proses produksi kegiatan UPPKS. Kata Kunci : Pemberdayaan Masyarakat, UPPKS

Item Type: Thesis (Undergraduated)
Subjects: J Political Science > JA Political science (General)
Divisions: Faculty of Social & Politics Science > Department of Social Welfare
Depositing User: 022 Isran Elnadi
Date Deposited: 02 Mar 2018 02:16
Last Modified: 02 Mar 2018 02:16
URI: http://repository.unib.ac.id/id/eprint/16182

Actions (login required)

View Item View Item