PENGARUH LAYANAN KONSELING KELOMPOK TEKNIK SELF MANAGEMENT TERHADAP SIKAP TANGGUNG JAWAB SISWA KELAS VIII SMP NEGERI 18 BENGKULU SELATAN

Khotimah, Fanny Khusnul and Hadiwinarto, Hadiwinarto and Anna, ayu herawati (2022) PENGARUH LAYANAN KONSELING KELOMPOK TEKNIK SELF MANAGEMENT TERHADAP SIKAP TANGGUNG JAWAB SISWA KELAS VIII SMP NEGERI 18 BENGKULU SELATAN. Undergraduated thesis, Universitas Bengkulu.

[img] Text
PDF CD SKRIPSI 4-5 FANNY FIX.pdf - Bibliography
Restricted to Repository staff only
Available under License Creative Commons GNU GPL (Software).

Download (3MB)

Abstract

Penelitian ini di latarbelakangi oleh adanya sikap tanggung jawab siswa yang rendah di SMP Negeri 18 Bengkulu Selatan. Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan pengaruh layanan konseling kelompok teknik self management terhadap sikap tanggung jawab siswa kelas VIII SMP Negeri 18 Bengkulu Selatan. Metode penelitian ini menggunakan eksperimen one-grup pretest posttest design. Populasi pada penelitian ini adalah siswa sebanyak 30 orang siswa. Sampel penelitian berjumlah 7 orang siswa. Sampel diperoleh melalui teknik purposive sampling. Teknik dalam mengambil data menggunakan kuesioner dengan model skala Likert. Teknik analisis data dalam penelitian ini menggunakan uji t (paired sample test). Hasil yang diperoleh dalam penelitian ini menunjukkan adanya peningkatan sikap tanggung jawab siswa. Hal ini ditunjukkan dengan nilai rata-rata skor sebelum diberikan layanan adalah 70,14 dalam kategori rendah dan setelah diberikan layanan nilai rata-rata skor menjadi 106,14 dalam kategori sangat tinggi dan tinggi. Hasil uji t menunjukkan nilai t= 15,949 dan sig (2-tailed) 0,000 artinya 0,000 <0,005 sehingga Ho ditolak dan Ha diterima. Artinya ada pengaruh yang signifikan layanan konseling kelompok terhadap sikap tanggung jawab siswa. Kata kunci: Konseling Kelompok, Sikap Tanggung Jawab, Siswa

Item Type: Thesis (Undergraduated)
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Faculty of Education > Department of Indonesian Language and Literature Education
Depositing User: 034 Septi Septi
Date Deposited: 21 Sep 2023 07:39
Last Modified: 21 Sep 2023 07:39
URI: http://repository.unib.ac.id/id/eprint/16184

Actions (login required)

View Item View Item