MODAL SOSIAL BURUH PEREMPUAN DALAM PEMENUHAN KEBUTUHAN KELUARGA DI PT. AGRO MUKO (Studi Kasus Buruh Harian Lepas (BHL) Perempuan di PT. Agro Muko, Kabupaten Mukomuko, Bengkulu)

Hardianti, Nova and Yunilisiah, Yunilisiah and Agus, Setiyanto (2017) MODAL SOSIAL BURUH PEREMPUAN DALAM PEMENUHAN KEBUTUHAN KELUARGA DI PT. AGRO MUKO (Studi Kasus Buruh Harian Lepas (BHL) Perempuan di PT. Agro Muko, Kabupaten Mukomuko, Bengkulu). Undergraduated thesis, Universitas Bengkulu.

[img] Archive (Thesis)
NOVA HARDIANTI.pdf - Bibliography
Restricted to Repository staff only
Available under License Creative Commons GNU GPL (Software).

Download (3MB)

Abstract

Modal sosial secara umum diartikan sebagai seperangkat sumber daya yang digunakan oleh seseorang atau sekelompok orang dalam mencapai tujuan dari tindakan tertentu dalam kehidupan sosial. Menurut Hasbullah (2006) menjelaskan, modal sosial sebagai segala suesuatu yang berkaitan dengan kerja sama dalam masyarakat atau komunitas untuk mencapai kapasitas hidup yang lebih baik. Teori modal sosial menurut perspektif Hasbullah dengan enam unsur yang terdapat didalamnya seperti Nilai, Norma Sosial, Kepercayaan, Jaringan, Resiprositas (Pertukaran), dan Tindakan proaktif digunakan oleh organisasi sosial atau kelompok sosial seperti kelompok buruh perempuan di PT. Agro Muko sebagai sumberdaya dan kekuatan untuk menyelesaikan tujuan pekerjaan serta memenuhi kebutuhan hidup sehri-hari. Dengan ini tujuan penelitian untuk mengetahui dan menganalisa bagaimana modal sosial buruh perempuan dalam pemenuhan kebutuhan keluarga di PT. Agro Muko dengan menggunakan metode penelitian deskriptif kualitatif serta menggunakan teknik pengumpulan data melalui observasi langsung, wawancara, dan dokumentasi. Informan penelitian berjumlah 10 orang ditentukan dengan teknik penentuan informan secara purpossive (bertujuan/dengan kriteria yang telah ditentukan). Hasil penelitian menunjukan bahwa adanya penggunaan unsur modal sosial Nilai, Norma sosial, Kepercayaan, Jaringan, Resiprositas (Pertukaran/timbal-balik) dan Tindakan Proaktif pada kelompok buruh perempuan di PT. Agro Muko dalam menyelesaikan pekerjaan maupun untuk memenuhi kebutuhan hidup keluarganya. Hal tersebut didasari oleh adanya rasa kekeluargaan yang ditimbulkan dari interaksi yang terjalin sehari-hari sehingga membentuk suatu tindakan untuk bekerja sama, saling tolong-menolong dalam hal menyelesaikan pekerjaan dan memenuhi kebutuhan hidup keluarga. Kata Kunci: Modal Sosial, Pemenuhan Kebutuhan Keluarga

Item Type: Thesis (Undergraduated)
Subjects: J Political Science > JA Political science (General)
Divisions: Faculty of Social & Politics Science > Department of Social Welfare
Depositing User: 022 Isran Elnadi
Date Deposited: 02 Mar 2018 02:23
Last Modified: 02 Mar 2018 02:23
URI: http://repository.unib.ac.id/id/eprint/16184

Actions (login required)

View Item View Item