PERANCANGAN DAN PEMBUATAN KONTROL GERAK KONVEYOR PROTOTIPE ALAT PENGERING KARET BERBASIS PLC ZELIO SMART RELAY SR3B261BD

SURYAN YULIANTO, ADE and Hendra, Hendra and Zuliantoni, Zuliantoni (2017) PERANCANGAN DAN PEMBUATAN KONTROL GERAK KONVEYOR PROTOTIPE ALAT PENGERING KARET BERBASIS PLC ZELIO SMART RELAY SR3B261BD. Undergraduated thesis, Universitas Bengkulu.

[img] Archive (Thesis)
ADE SY SKRIPSI.pdf - Bibliography
Restricted to Repository staff only
Available under License Creative Commons GNU GPL (Software).

Download (2MB)

Abstract

Programmable Logic Controller (PLC) merupakan salah satu sistem kontrol yang amat luas pemakaiannya. Penerapannya meliputi berbagai jenis industri mulai dari industri otomotif, petrokimia, kertas, bahkan sampai pada industri tambang. PLC tidak membutuhkan daya yang besar, proses dapat dilakukan dengan mudah hanya dengan melakukan perubahan pada program, serta ketahanan PLC jauh lebih baik, sehingga membuat PLC semakin populer dalam sistem kontrol otomatis. Pada beberapa pabrik pengolahan karet proses pengeringan karet masih dilakukan secara alami dengan panas sinar matahari. Sistem pemindahan karet yang akan dikeringkan dilakukan secara manual oleh banyak pekerja/manusia. Hal ini tentunya membuat suatu pekerjaan menjadi tidak efisien, membutuhkan waktu serta tenaga yang banyak sehingga membuat biaya produksi menjadi lebih tinggi. Pada skripsi ini bertujuan merancang kontrol gerak konveyor prototipe alat pengering karet dengan menggunakan pengendali PLC Zelio Logic Smart Relay SR3B261BD. PLC digunakan untuk mengontrol gerak konveyor pembawa karet serta proses pengeringan karet pada prototipe. Hasil pengujian yang dilakukan menunjukkan bahwa prototipe alat pengering karet dapat bekerja sesuai dengan masukan input dan output pemograman PLC. Pengujian gerak antara hanger karet 1 ke hanger karet 2 tanpa beban karet membutuhkan waktu 3,83 detik sedangkan ketika memiliki beban karet membutuhkan waktu 3,85 detik. Kemudian ketika pergerakan hanger konveyor dengan karet dilakukan satu putaran penuh dan berulang terjadi pergeseran antar hanger karet terhadap posisi sensor masuk yaitu 20 mm. Proses pengeringan karet pada prototipe alat pengering karet kapasitas 1200 gram dilakukan selama 2 jam pada temperatur antara 60 o C sampai 65 o C. Hasil pengujian pengeringan karet menunjukan kadar air pada karet A dengan berat awal 40 gram dan karet B 100 gram menjadi 0% serta terjadi penurunan berat karet akhir yaitu 10 gram karet A dan 20 gram karet B, sehingga karet bisa dikatakan sudah kering.

Item Type: Thesis (Undergraduated)
Subjects: T Technology > T Technology (General)
Divisions: Faculty of Engineering > Department of Mechanical Engineering
Depositing User: 164 Irma Rohayu
Date Deposited: 02 Mar 2018 02:30
Last Modified: 02 Mar 2018 02:30
URI: http://repository.unib.ac.id/id/eprint/16186

Actions (login required)

View Item View Item