INTERAKSI SOSIAL KOMUNITAS PENGGEMAR MUSIK METAL (STUDI KASUS PADA KOMUNITAS METAL HEAD SIDODADI DI DESA SIDODADI KECAMATAN PONDOK KELAPA KABUPATEN BENGKULU TENGAH)

EFFENDI, SULAIMAN and Agus, Setiyanto and Desi, Afrita (2017) INTERAKSI SOSIAL KOMUNITAS PENGGEMAR MUSIK METAL (STUDI KASUS PADA KOMUNITAS METAL HEAD SIDODADI DI DESA SIDODADI KECAMATAN PONDOK KELAPA KABUPATEN BENGKULU TENGAH). Undergraduated thesis, Universitas Bengkulu.

[img] Archive (Thesis)
Skripsi SULAIMAN EFFENDI.pdf - Bibliography
Restricted to Repository staff only
Available under License Creative Commons GNU GPL (Software).

Download (1MB)

Abstract

Interaksi merupakan suatu hubungan yang dilakukan antara individu dengan individu, kelompok maupun antara kelompok dengan kelompok, dimana dalam interaksi itu terjadi suatu hubungan yang timbal balik antara kedua belah pihak. Interaksi sosial yang terjadi di dalam komunitas Metal Head Sidodadi diawali dengan adanya kontak dan komunikasi antara seorang yang menyukai musik Metal dengan beberapa anak muda yang ada di desa Sidodadi. Dalam mengadakan kontak dan komunikasi inilah terjadi hubungan saling mempengaruhi dalam fikiran dan tindakan. Dengan adanya interaksi sosial, semakin banyaklah anak-anak muda desa Sidodadi yang juga menyukai musik Metal ini. Mereka suka musik Metal karena dengan mendengarkan musik Metal, mereka bisa merasa tenang dan lepas dari rasa frustasi, kemarahan, kekecewaan yang terkadang masih sering terjadi pada diri mereka. Berangkat dari kondisi ini, penelitian ini bertujuan untuk menggambarkan interaksi sosial yang terjadi pada komunitas Metal Head Sidodadi. Penelitian ini menggunakan pendekatan deskriptif kualitatif. Pemilihan informan ditentukan dengan teknik purposive sampling (sampel bertujuan). Data diperoleh melalui observasi, wawancara, studi pustaka dan studi dokumentasi. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa bentukbentuk interaksi sosial yang terjadi pada komunitas Metal Head Sidodadi ini berupa kerja sama yang diwujudkan dalam bentuk kerukunan dalam bergotong royong, tolong menolong, serta kerja sama yang diwujudkan dalam bentuk koalisi dengan komunitas lain. Bentuk interaksi sosial yang terjadi selanjutnya yaitu akomodasi yang diwujudkan dalam bentuk kompromi dan toleransi. Kemudian interaksi sosial dalam bentuk kontravensi. Sedangkan untuk interaksi sosial yang berbentuk persaingan dan pertentangan/konflik tidak nampak jelas atau tidak terjadi. Kata Kunci : Interaksi sosial, Komunitas, Musik Metal

Item Type: Thesis (Undergraduated)
Subjects: J Political Science > JA Political science (General)
Divisions: Faculty of Social & Politics Science > Department of Social Welfare
Depositing User: 022 Isran Elnadi
Date Deposited: 02 Mar 2018 02:33
Last Modified: 02 Mar 2018 02:33
URI: http://repository.unib.ac.id/id/eprint/16188

Actions (login required)

View Item View Item