ANALISIS PROGRAM KAPASITAS KELUARGA DALAM PEMENUHAN KEBUTUHAN PANGAN (Program Model Kawasan Rumah Pangan Lestari M-KRPL Pada Kelompok Wanita TaniPekarangan Hijau 26, Kelurahan Sumber Jaya Kecamatan Kampung Melayu Kota Bengkulu)

GAOL, YANTI K. LUMBAN and Suparman, Suparman and Jaya, Putra (2017) ANALISIS PROGRAM KAPASITAS KELUARGA DALAM PEMENUHAN KEBUTUHAN PANGAN (Program Model Kawasan Rumah Pangan Lestari M-KRPL Pada Kelompok Wanita TaniPekarangan Hijau 26, Kelurahan Sumber Jaya Kecamatan Kampung Melayu Kota Bengkulu). Undergraduated thesis, Universitas Bengkulu.

[img] Archive (Thesis)
SKRIPSI.pdf - Bibliography
Restricted to Repository staff only
Available under License Creative Commons GNU GPL (Software).

Download (2MB)

Abstract

Penelitian ini dilatar belakangi, oleh permasalahan mengenai kurangnya mengakses ketersediaan pangan keluarga, yang diakibatkan minimnya pengetahuan, ketrampilan dan kemampuan keluarga dalam mengubah potensi lingkungan sebagai sumber pemenuhan kebutuhan pangan sehinggaakan berdampak pada tingkat kerawanan pangan yang semakin tinggi. Di Kelurahan Sumber Jaya Kecamatan Kampung Melayu merupakan salah satu daerah rawan pangan yang ada di provinsi Bengkulu dimana terjadinya pengalihan fungsi lahan pertanian menjadi non pertanian sehingga sangat sulit untuk mengakses ketersediaan pangan keluarga. Oleh karena itu perlu adanya upaya peningkatan kapasitas keluarga dengan tujuan keluarga memiliki ketersediaan pangan dikeluarga masing-masing yang beragam dan bergizi. Salah satu upaya dalam meningkatkan kapasitas keluarga adalah pelaksanaan program M-KRPL yang membentuk kelompok wanita tani. Tujuan penelitian ini untuk menggambarkan bagaimana peningkatan kapasitas keluarga dalam pemenuhan kebutuhan pangan yang diperoleh dari kegiatan-kegiatan program M-KRPL pada Kelompok Wanita Tani Pekarangan Hijau 26 mulai pelaksanaan penyuluhan dan studi banding sebagai peningkatan kualitas pengetahuan, pelaksanaan pelatihan sebagai peningkatan kualitas ketrampilan dan pelaksanaan evaluasi sebagai peningkatan kemampuan. Teknik pengumpulan data dilakukan dengan observasi, wawancara dan studi dokumentasi. Informan dalam penelitian ini adalah Pengurus Program M-KRPL, Pembina Kelompok dan Stakholder/Lurah untuk mendapatkan informasi kegiatan-kegiatan dalam dalam meningkatkan kapasitas keluarga dan seluruh keluarga yang bergabung dalam anggota kelompok wanita tani pekarangan hijau 26 yang berjumlah 12 anggota. Hasil penelitian terlihat bahwa kapasitas keluarga dalam pemenuhan kebutuhan pangan mengalami peningkatan, dengan melihat kualitas pengetahuan mengenai manfaat lahan pekarangan, pengetahuan mengenai tanaman yang cocok dan pengetahuan mengenal jenis tanaman, kemudian kualitas ketrampilan keluarga yang mencakup ketrampilan dalam mengelolah lahan pekarangan dan ketrampilan dalam mengelolah hasil produk pertanian, namun mengenai kualitas kemampuan keluarga masih dalam kategori rendah dimana penerapan pengetahuan dan ketrampilan belum maksimal. Keadaan ini disebabkan karena lahan yang sempit, ketidakinginan mengambil resiko dan mengembangkan potensi lahan atau melakukan penanaman dengan berbagai jenis tanaman. Kata Kunci. Peningkatan Kapasitas, Ketersediaan Pangan Keluarga, Program M- KRPL

Item Type: Thesis (Undergraduated)
Subjects: J Political Science > JA Political science (General)
Divisions: Faculty of Social & Politics Science > Department of Social Welfare
Depositing User: 022 Isran Elnadi
Date Deposited: 02 Mar 2018 02:37
Last Modified: 02 Mar 2018 02:37
URI: http://repository.unib.ac.id/id/eprint/16190

Actions (login required)

View Item View Item