KESADARAN HUKUM MASYARAKAT DALAM PEMBAYARAN ZAKAT PERTANIAN DITINJAU DARI ASPEK HUKUM ISLAM (Studi di Kabupaten Rejang Lebong)

Renita, Destiana and Sirman, Dahwal and Adi, Bastian Salam (2020) KESADARAN HUKUM MASYARAKAT DALAM PEMBAYARAN ZAKAT PERTANIAN DITINJAU DARI ASPEK HUKUM ISLAM (Studi di Kabupaten Rejang Lebong). Undergraduated thesis, Universitas Bengkulu.

[img] Text (tesis)
SKRIPSI.pdf - Bibliography
Restricted to Repository staff only
Available under License Creative Commons GNU GPL (Software).

Download (5MB)

Abstract

Zakat adalah perintah wajib dan merupakan rukun Islam yang ketiga. Di lingkungan masyarakat ada banyak permasalahan yang terjadi, seperti ketidaksesuaian antara teori dan praktek pelaksanaan zakat. Dalam zakat sudah diatur dengan tegas ketentuan dan ancaman apabila zakat tidak dilaksanakan. Di Kabupaten Rejang Lebong, banyak masyarakat petani muslim yang tidak mengetahui adanya zakat pertanian. Oleh sebab itu, peneliti tertarik untuk melakukan penelitian dengan judul “Kesadaran Hukum Masyarakat Dalam Pembayaran Zakat Pertanian Ditinjau Dari Aspek Hukum Islam Di Kabupaten Rejang Lebong”. Tujuan yang ingin dicapai yaitu: (1) Untuk mengetahui bagaimanakah kesadaran masyarakat dalam membayar zakat dari hasil pertanian di Kabupaten Rejang Lebong; (2) Faktor apa saja yang mempengaruhi tingkat kesadaran petani dalam mengeluarkan zakat hasil pertanian Di Kabupeten Rejang Lebong. Penulis menggunakan metode penelitian hukum empiris. Data diolah dengan menggunakan pemeriksaan data (editing), dan dianalisis secara kualitatif. Hasil penelitian menunjukan bahwa: (1) Kesadaran masyarakat petani muslim di Kabupaten Rejang Lebong masih sangat rendah. Karena banyak masyarakat yang melaksanakan zakat tidak sesuai dengan nisab dan haulnya. (2) Adapun faktor yang mempengaruhi tingkat kesadaran masyarakat dalam membayar zakat pertanian, seperti kurangnya sosialisasi dari tokoh agama maupun pemerintah, kurangnya keingintahuan masyarakat akan kewajibannya sebagai umat muslim, rendahnya tingkat pendidikan yang berpengaruh tehadap luasnya pengetahuan dan pemahaman mengenai zakat. Dari hasil penelitian tersebut menggambarkan bahwa masih rendahnya tingkat kesadaran masyarakat muslim dalam membayar zakat pertanian di Kabupaten Rejang Lebong. Kata Kunci: Kesadaran, Zakat, Pertanian

Item Type: Thesis (Undergraduated)
Subjects: K Law > K Law (General)
Divisions: Faculty of Law > Department of Law Science
Depositing User: irma rohayu
Date Deposited: 21 Sep 2023 08:18
Last Modified: 21 Sep 2023 08:18
URI: http://repository.unib.ac.id/id/eprint/16191

Actions (login required)

View Item View Item