ANALISIS POLA ASUH KELUARGA TERHADAP KENAKALAN REMAJA studi kasus : Desa Karya Jaya Kecamatan Marga Sakti Sebelat Kabupaten Bengkulu Utara)

KRISTINA, YENI and Alex, Abdu Chalik and Cucu, Syamsudin (2017) ANALISIS POLA ASUH KELUARGA TERHADAP KENAKALAN REMAJA studi kasus : Desa Karya Jaya Kecamatan Marga Sakti Sebelat Kabupaten Bengkulu Utara). Undergraduated thesis, Universitas Bengkulu.

[img] Archive (Thesis)
YENI KRISTINA D1A012011.pdf - Bibliography
Restricted to Repository staff only
Available under License Creative Commons GNU GPL (Software).

Download (1MB)

Abstract

Remaja merupakan masa yang dilalui setiap manusia dimana masa ini adalah masa perkembangan transisi antara masa anak dan masa dewasa yang mencakup perubahan biologis, koknitif, dan sosial-emosional, dan anak memasuki masa remaja dengan berbagai sikap, perasaan dan tingkah laku pada kehidupan awalnya. Pada dasarnya kenakalan remaja tersebut bukan suatu masalah sosial yang datang dengan sendirinya, akan tetapi masalah tersebut muncul karena keadaan yang berkaitan dengan karakteristik remaja dan kesadaran terhadap apa yang dilakukuannya serta faktor-faktor lainnya. Maka peranan orang tua sangat penting dengan pola asuh orang tua terhadap anak jika diterapkan dengan benar dan tepat agar anak menjadi pribadi yang baik, begitupula sebaliknya. Penelitian ini bertujuan untuk mendapatkan gambaran dan penjelasan tentang pola asuh keluarga terhadap kenakalan remaja. Penelitian menggunakan metode deskriptif kualitatif. Penentuan informan menggunakan teknik purposive sampling serta teknik pengumpulan data dengan cara observasi, wawancara, dan studi dokumentasi. Berdasarkan hasil penelitaian informan yang didapat sebanyak 21 orang dengan 8 orang tua dan 12 anak remaja dan 1 orang aparat desa tentang Analisis Pola Asuh Keluarga Terhadap Kenakalan Remaja di desa Karya Jaya Kecamatan Marga Sakti Sebelat Kabupaten Bengkulu Utara ini, pola asuh yang di gunakan pada keluarga didesa ini memiliki 2 pola asuh yang mana pola asuh tersebut digunakan pada kondisi yang berbeda-beda, yaitu demokratis-permisif 50% dengan jumlah remaja yang nakal 4 remaja (50% ) otoriter-demokratis 25% jumlah anak yang nakal 2 remaja (25%) dan, dan permisif-otoriter 25% jumlah anak yang nakal 2 remaja (25%), maka dari hasil penelitian di desa tersebut cenderung kepada pola asuh demokratis- permisif. Kesimpulan dari penelitian ini, pola asuh keluarga di Desa Karya Jaya Kecamatan Marga Sakti Sebelat yang menimbulkan kenakalan remaja terdapat pada pola asuh demokratis-permisif. kata kunci : Pola Asuh , Kenakalan Remaja

Item Type: Thesis (Undergraduated)
Subjects: J Political Science > JA Political science (General)
Divisions: Faculty of Social & Politics Science > Department of Social Welfare
Depositing User: 022 Isran Elnadi
Date Deposited: 02 Mar 2018 02:39
Last Modified: 02 Mar 2018 02:39
URI: http://repository.unib.ac.id/id/eprint/16191

Actions (login required)

View Item View Item