KECANDUAN GAME MMO (MASSIVELY MUTLIPLAYER ONLINE) PADA MAHASISWA UNIB Studi Kasus Di Warnet Street dan Sonic Internet Center

SAPUTRA, GANDA and Sri, Handayani Hanum and Heni, Nopianti (2017) KECANDUAN GAME MMO (MASSIVELY MUTLIPLAYER ONLINE) PADA MAHASISWA UNIB Studi Kasus Di Warnet Street dan Sonic Internet Center. Undergraduated thesis, Universitas Bengkulu.

[img] Archive (Thesis)
SKRIPSI GANDA SAPUTRA (D1F010063).pdf - Bibliography
Restricted to Repository staff only
Available under License Creative Commons GNU GPL (Software).

Download (3MB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk (1) Mendeskripsikan tentang kecanduan game online dan proses kecanduan game online. (2) Mendeskripsikan dampak sosial dan akademis kecanduan game online bagi pecandu. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif deskriptif dengan pengumpulan data penelitian melalui observasi, wawancara dan dokumentasi. Informan diperoleh dengan teknik Snowball Sampling. Dari teknik tersebut diperoleh 8 informan yang terdiri dari 4 orang informan kunci, 2 orang informan biasa dan 2 orang informan tambahan. Teori yang digunakan untuk mengkerangkai analisis sosiologis pada penelitian ini adalah teori Interaksionisme Simbolik. Berdasarkan hasil penelitian, kecanduan game online dilatarbelakangi beberapa faktor diantaranya disfungsi keluarga terutama pada aspek fungsi kontrol, konformitas teman sebaya dan kelompok sosial, adanya iklan dan kompetisi game MMO, interaksi sosial antar gamer, pola game online berupa siklus, gaming bersama, perubahan ada sektor permainan, adanya simulasi sosial pada game MMO, dan perkembangan game online secara teknologis. Dampak kecanduan game online dibagi menjadi 2 yaitu dampak sosial dan dampak akademis. Dampak sosial diantaranya kecenderungan berbuat kriminal, mengalami isolasi sosial nyata, cyberbullying, media judi online. Sedangkan secara akademis antara lain disorientasi kuliah, bolos yang berkelanjutan, titip absen, mengantuk saat perkuliahan, mengulang mata kuliah dan penurunan IPK. Kata Kunci : Pecandu game MMO, faktor kecanduan, dampak kecanduan.

Item Type: Thesis (Undergraduated)
Subjects: J Political Science > JA Political science (General)
Divisions: Faculty of Social & Politics Science > Department of Sociology
Depositing User: 022 Isran Elnadi
Date Deposited: 02 Mar 2018 03:01
Last Modified: 02 Mar 2018 03:55
URI: http://repository.unib.ac.id/id/eprint/16197

Actions (login required)

View Item View Item