MENINGKATKAN SELF EFFICACY AKADEMIK MELALUI LAYANAN BIMBINGAN KELOMPOK DENGAN TEKNIK HOMEROOM PADA SISWA KELAS XI IPA 4 SMA N 1 KOTA BENGKULU

NOPRIANI, AGNES NADIA and Hadiwinarto, Hadiwinarto and Anni, Suprapti (2022) MENINGKATKAN SELF EFFICACY AKADEMIK MELALUI LAYANAN BIMBINGAN KELOMPOK DENGAN TEKNIK HOMEROOM PADA SISWA KELAS XI IPA 4 SMA N 1 KOTA BENGKULU. Undergraduated thesis, Universitas Bengkulu.

[img] Text
Skripsi Agnes Nadia (A1L018063).pdf - Bibliography
Restricted to Repository staff only
Available under License Creative Commons GNU GPL (Software).

Download (4MB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui peningkatan self efficacy akademik siswa melalui layanan bimbingan kelompok dengan teknik homeroom. Metode yang digunakan dalam penelitian ini merupakan kuantitatif jenis eksperimen dengan desain penelitian one group pretest-posttest design. Populasi data penelitian adalah siswa kelas XI IPA 4 SMA Negeri 1 Kota Bengkulu yang berjumlah 31 orang, pengambilan sampel dilakukan secara random yang berjumlah 12 orang siswa. Pengumpulan data dilakukan menggunakan angket tertutup dengan skala Likert. Data yang terkumpul dianalisis dengan statistik menggunakan rumus t-test. Hasil penelitian, menunjukkan terdapat pengaruh yang signifikan layanan bimbingan kelompok dengan teknik homeroom terhadap self efficacy akademik. Sebelum diberi perlakuan rata-rata self efficacy akademik dalam kategori sedang bahkan cenderung rendah, sedangkan setelah diberi perlakuan self efficacy akademik rata-rata sudah pada kategori tinggi. Bagi peneliti selanjutnya, melakukan penelitian dengan sampel yang lebih banyak. Kata Kunci: Self Efficacy, Bimbingan Kelompok, Teknik Homeroom.

Item Type: Thesis (Undergraduated)
Subjects: L Education > L Education (General)
L Education > LB Theory and practice of education
Divisions: Faculty of Education > Department of Indonesian Language and Literature Education
Depositing User: 034 Septi Septi
Date Deposited: 22 Sep 2023 02:37
Last Modified: 22 Sep 2023 02:37
URI: http://repository.unib.ac.id/id/eprint/16206

Actions (login required)

View Item View Item