EFEKTIVITAS LAYANAN KONSELING KELOMPOK DENGAN TEKNIK BEHAVIORAL CONTRACT UNTUK MENINGKATKAN KEMANDIRIAN BELAJAR PADA SISWA KELAS VII C DI SMP NEGERI 17 KOTA

Virainy, Anglin and Sri, Saparahayuningsih and Anni, Suprapti (2022) EFEKTIVITAS LAYANAN KONSELING KELOMPOK DENGAN TEKNIK BEHAVIORAL CONTRACT UNTUK MENINGKATKAN KEMANDIRIAN BELAJAR PADA SISWA KELAS VII C DI SMP NEGERI 17 KOTA. Undergraduated thesis, Universitas Bengkulu.

[img] Text
SKRIPSI ALIN.pdf - Bibliography
Restricted to Repository staff only
Available under License Creative Commons GNU GPL (Software).

Download (5MB)

Abstract

Tujuan dari penelitian ini yaitu untuk mengetahui efektivitas teknik behavioral contract untuk meningkatkan kemandirian belajar siswa kelas VII C di SMP Negeri 17 Kota Bengkulu. Peneliti menggunakan penelitian kuantitatif jenis eksperimen. Subjek penelitian ini berjumlah 5 orang siswa. Teknik pengumpulan data menggunakan angket kemandirian belajar. Analisis data mengggunakan statistik dengan rumus uji-t. Hasil Penelitian ini terbukti dengan rata-rata kemandirian belajar siswa sebelum diberikan treatment kategori rendah dan setelah diberikan treatment nilai rata-rata menajdi kategori tinggi. Penelitian ini juga membuktikan bahwa layanan konseling kelompok dengan teknik behavioral contract efektif untuk meningkatkan kemandirian belajar pada siswa kelas VII C di SMP Negeri 17 Kota Bengkulu. Berdasarkan hasil penelitian tersebut disarankan kepada guru bimbingan dan konseling untuk dapat menggunakan layanan konseling kelompok dengan teknik behavioral contract untuk meningkatkan kemandirian belajar siswa. Kata Kunci :Kemandirian Belajar, Konseling Kelompok, Teknik Behavioral Contract(Kontrak Perilaku)

Item Type: Thesis (Undergraduated)
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Faculty of Education > Department of Indonesian Language and Literature Education
Depositing User: 034 Septi Septi
Date Deposited: 22 Sep 2023 08:06
Last Modified: 22 Sep 2023 08:06
URI: http://repository.unib.ac.id/id/eprint/16225

Actions (login required)

View Item View Item