EFEKTIVITAS LAYANAN BIMBINGAN KELOMPOK DENGAN TEKNIK FOCUS GROUP DISCUSSION DALAM MENINGKATKAN KEMAMPUAN BERPIKIR KRITIS MAHASISWA UNIVERSITAS BENGKULU

Putra, Hendra and Hadiwinarto, Hadiwinarto and Anna, ayu herawati (2022) EFEKTIVITAS LAYANAN BIMBINGAN KELOMPOK DENGAN TEKNIK FOCUS GROUP DISCUSSION DALAM MENINGKATKAN KEMAMPUAN BERPIKIR KRITIS MAHASISWA UNIVERSITAS BENGKULU. Undergraduated thesis, Universitas Bengkulu.

[img] Text
Skripsi bakar kaset.pdf - Bibliography
Restricted to Repository staff only
Available under License Creative Commons GNU GPL (Software).

Download (5MB)

Abstract

Penelitian ini mendeskripsikan efektivitas layanan bimbingan kelompok dengan teknik focus group discussion untuk meningkatkan kemampuan berpikir kritis mahasiswa Universitas Bengkulu. Metode penelitian ini menggunakan rancangan eksperimen kelompok pre-test dan post-test. Populasi penelitian ini adalah seluruh mahasiswa Kementerian Luar Negeri Badan Eksekutif Mahasiswa Universitas Bengkulu yang berjumlah 17 orang. Sampel penelitian ini berjumlah 10 mahasiswa. Pengambilan sampel dilakukan dengan teknik purposive sampling . Metode pengumpulan data menggunakan kuesioner dengan menggunakan model skala Likert. Metode analisis data dalam penelitian ini menggunakan uji-t (paired sample test). Hasil yang diperoleh dalam penelitian ini menunjukkan peningkatan kemampuan berpikir kritis mahasiswa setelah menerima layanan bimbingan kelompok. Hal ini ditunjukkan dengan skor rata�rata 58,6 pada kategori rendah sebelum diberikan layanan dan 70,2 pada kategori tinggi setelah diberikan layanan. Hasil uji-t menunjukkan nilai t = 5,244 dan sig (kedua belah pihak) 0,001. Artinya p < 0,005, maka Ho ditolak dan Ha diterima. Artinya, hal ini akan memberikan pengaruh yang signifikan terhadap kemampuan berpikir kritis mahasiswa sebelum dan sesudah menerima layanan bimbingan kelompok bagi mahasiswa Kementerian Luar Negeri Badan Eksekutif Mahasiswa Universitas Bengkulu. Kata kunci: Kemampuan Berpikir Kritis, Bimbingan Kelompok.

Item Type: Thesis (Undergraduated)
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Faculty of Education > Department of Indonesian Language and Literature Education
Depositing User: 034 Septi Septi
Date Deposited: 22 Sep 2023 08:06
Last Modified: 22 Sep 2023 08:06
URI: http://repository.unib.ac.id/id/eprint/16228

Actions (login required)

View Item View Item