PEMAKNAAN KOMUNIKASI PESAN PADA VISUALISASI IKLAN ( Reseption Analysis Terhadap Iklan AQUA Versi Bahasa Daerah “Sumber Air Su Dekat”)

Utami , Septri and Lely , Arrianie and Dwi , Aji Budiman (2012) PEMAKNAAN KOMUNIKASI PESAN PADA VISUALISASI IKLAN ( Reseption Analysis Terhadap Iklan AQUA Versi Bahasa Daerah “Sumber Air Su Dekat”). Undergraduated thesis, Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik UNIB.

[img] Text
Skripsi Septri Utami FE-2.pdf - Bibliography
Restricted to Registered users only
Available under License Creative Commons GNU GPL (Software).

Download (2MB)

Abstract

Iklan AQUA versi bahasa daerah sumber air su dekat merupakan bentuk komunikasi dalam memasarkan sebuah produk dan jasa, tetapi juga digunakan sebagai media dalam penyampaian pesan sosial kepada masyarakat. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pemaknaan pesan iklan AQUA versi bahasa daerah sumber air su dekat pada visualisasi iklan oleh khalayak. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif deskriptif dengan metode Reseption Analysis dan teori kotler sebagai pisau analisisnya. Hasil penelitian menemukan bahwa terdapat perbedaan dan persamaan pemaknaan oleh informan dari iklan AQUA versi bahasa daerah sumber air su dekat. Pada setiap scene iklan memiliki fungsi iklan menurut Kotler yang bersifat informatif, persuasif, reminder, dan reinforcement. Selain itu pesan iklan yang ingin disampaikan oleh pengiklan ternyata tidak sepenuhnya bisa dimaknai informan sesuai dengan tujuan awal dari pesan tersebut.

Item Type: Thesis (Undergraduated)
Subjects: H Social Sciences > HE Transportation and Communications
Divisions: Faculty of Social & Politics Science > Department of Communication
Depositing User: 012 Adek Adek
Date Deposited: 18 Nov 2013 17:41
Last Modified: 18 Nov 2013 17:41
URI: http://repository.unib.ac.id/id/eprint/1623

Actions (login required)

View Item View Item