Utami , Septri and Lely , Arrianie and Dwi , Aji Budiman (2012) PEMAKNAAN KOMUNIKASI PESAN PADA VISUALISASI IKLAN ( Reseption Analysis Terhadap Iklan AQUA Versi Bahasa Daerah “Sumber Air Su Dekat”). Undergraduated thesis, Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik UNIB.
Text
Skripsi Septri Utami FE-2.pdf - Bibliography Restricted to Registered users only Available under License Creative Commons GNU GPL (Software). Download (2MB) |
Abstract
Iklan AQUA versi bahasa daerah sumber air su dekat merupakan bentuk komunikasi dalam memasarkan sebuah produk dan jasa, tetapi juga digunakan sebagai media dalam penyampaian pesan sosial kepada masyarakat. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pemaknaan pesan iklan AQUA versi bahasa daerah sumber air su dekat pada visualisasi iklan oleh khalayak. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif deskriptif dengan metode Reseption Analysis dan teori kotler sebagai pisau analisisnya. Hasil penelitian menemukan bahwa terdapat perbedaan dan persamaan pemaknaan oleh informan dari iklan AQUA versi bahasa daerah sumber air su dekat. Pada setiap scene iklan memiliki fungsi iklan menurut Kotler yang bersifat informatif, persuasif, reminder, dan reinforcement. Selain itu pesan iklan yang ingin disampaikan oleh pengiklan ternyata tidak sepenuhnya bisa dimaknai informan sesuai dengan tujuan awal dari pesan tersebut.
Item Type: | Thesis (Undergraduated) |
---|---|
Subjects: | H Social Sciences > HE Transportation and Communications |
Divisions: | Faculty of Social & Politics Science > Department of Communication |
Depositing User: | 012 Adek Adek |
Date Deposited: | 18 Nov 2013 17:41 |
Last Modified: | 18 Nov 2013 17:41 |
URI: | http://repository.unib.ac.id/id/eprint/1623 |
Actions (login required)
View Item |