”PERAN KONSELING INDIVIDUAL TEKNIK REALITAS TERHADAP PERILAKU PELAKU BULLYING PADA SISWA KELAS XI IPS 1 SMA N 8 BENGKULU SELATAN”

PUTRA, SURYADI ANDIKA and Anni, Suprapti and Arsyadani, Mishbahuddin (2022) ”PERAN KONSELING INDIVIDUAL TEKNIK REALITAS TERHADAP PERILAKU PELAKU BULLYING PADA SISWA KELAS XI IPS 1 SMA N 8 BENGKULU SELATAN”. Undergraduated thesis, Universitas Bengkulu.

[img] Text
SKRIPSI FINAL SURYADI.pdf - Bibliography
Restricted to Repository staff only
Available under License Creative Commons GNU GPL (Software).

Download (5MB)

Abstract

Penelitian ini dilaksanakan untuk mengetahui peran konseling individual teknik realitas terhadap perilaku pelaku bullying pada siswa kelas XI IPS 1 SMAN 8 Bengkulu Selatan. Jenis yang digunakan pada penelitian ini yaitu kualitatif metode studi kasus singel case dengan menggunakan populasi sebanyak 20 orang siswa kelas XI IPS 1 SMAN 8 Bengkulu Selatan dan penentuan sampel menggunakan teknik purposive sampling sehingga didapatkan 3 orang siswa yang menjadi sampel. Teknik pengumpulan data menggunakan teknik wawancara dan observasi. Hasil penelitian menunjukan adanya penurunan perilaku pelaku bullying setelah diberikan layanan konseling individual teknik realitas sebagai langkah treatment. Hal ini ditunjukan oleh hasil observasi dan wawancara yang dilakukan kepada guru yang mengajar di kelas dan siswa lain di kelas XI IPS 1 SMAN 8 Bengkulu Selatan hasilnya perilaku pelaku bullying berkurang dari bullying verbal, fisik, dan relational menjadi bullying verbal. Artinya ada pengaruh terhadap tingkat perilaku pelaku bullying siswa sebelum dan sesudah diberikan layanan konseling individual teknik realitas pada siswa kelas XI IPS 1 SMAN 8 Bengkulu Selatan. Kata Kunci: Perilaku Bullying, Konseling Indivdual, Teknik Realitas.

Item Type: Thesis (Undergraduated)
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Faculty of Education > Department of Indonesian Language and Literature Education
Depositing User: 034 Septi Septi
Date Deposited: 22 Sep 2023 08:06
Last Modified: 22 Sep 2023 08:06
URI: http://repository.unib.ac.id/id/eprint/16230

Actions (login required)

View Item View Item