PENGARUH LAYANAN KONSELING KELOMPOK DENGAN TEKNIK REFRAMING UNTUK MEREDUKSI LEARNED HELPLESSNESS PADA SISWA KELAS X MIPA A SMA NEGERI 2 KOTA BENGKULU

ASMIARTI, KIKI and Yessy, Elita and Anni, Suprapti (2022) PENGARUH LAYANAN KONSELING KELOMPOK DENGAN TEKNIK REFRAMING UNTUK MEREDUKSI LEARNED HELPLESSNESS PADA SISWA KELAS X MIPA A SMA NEGERI 2 KOTA BENGKULU. Undergraduated thesis, Universitas Bengkulu.

[img] Text
SKRIPSI KIKI ASMIARTI (2).pdf - Bibliography
Restricted to Repository staff only
Available under License Creative Commons GNU GPL (Software).

Download (4MB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan pengaruh layanan konseling kelompok dengan teknik reframing untuk mereduksi learned helplessness pada siswa SMA Negeri 2 Kota Bengkulu. Penelitian ini eksperimen pretest dan posttest one group design. Subjek dalam penelitian ini berjumlah enam orang siswa dari kelas X MIPA A SMA Negeri 2 Kota Bengkulu yang memiliki tingkat learned helplessness tinggi. Pengambilan sampel yang digunakan adalah purposive sampling. Teknik pengumpulan data pada penelitian ini menggunakan angket dengan skala Likert. Teknik analisis data penelitian menggunakan uji (paired sample t-test). Hasil yang diperoleh dalam penelitian ini menunjukkan adanya penurunan learned helplessness pada siswa setelah diberikan layanan konseling kelompok dengan teknik reframing. Hal ini dapat terlihat dari hasil pengujian hipotesis dengan hasil uji t 6,377. Artinya bahwa terdapat pengaruh yang signifikan terhadap learned helplessness siswa sebelum dan sesudah diberikannya layanan konseling kelompok dengan teknik reframing siswa kelas X MIPA A SMA Negeri 2 Kota Bengkulu. Kata Kunci: learned helplessness, layanan konseling kelompok, reframin

Item Type: Thesis (Undergraduated)
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Faculty of Education > Department of Indonesian Language and Literature Education
Depositing User: 034 Septi Septi
Date Deposited: 22 Sep 2023 08:07
Last Modified: 22 Sep 2023 08:07
URI: http://repository.unib.ac.id/id/eprint/16233

Actions (login required)

View Item View Item